Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Survei LSI: 28,5 Persen Rakyat Menilai Penegakan Hukum di Indonesia Buruk

PR: Hasil survei LSI yang menunjukkan 28,5 persen masyarakat menilai kondisi penegakan hukum di Indonesia saat ini buruk dan sangat buruk. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Lebih banyak atau 34,4 persen rakyat menilai kondisi penegakan hukum di Indonesia saat ini baik atau sangat baik. Namun, perlu digaris bawahi bahwa persentase masyarakat yang menilai sebaliknya alias buruk atau sangat buruk juga banyak, yakni 28,5 persen. 

Sementara masyarakat yang menilai sedang sebanyak 30,5 persen dan tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 6,6 persen.

Demikianlah gambaran hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Maret 2023 hingga 4 April 2023 dengan pertanyaan bagaimana Ibu atau Bapak melihat keadaan penegakan hukum di negeri kita pada umumnya sekarang? Sangat baik, baik, sedang, buruk, atau sangat buruk?

Survei ini menyasar warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/handphone sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD), yakni memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!