Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Survei LSI: 36,7 Persen Rakyat Indonesia Menilai Ekonomi Nasional Buruk

RAKYAT MENDERITA: Potret kemiskinan di Bali, sebuah daerah yang dielu-elukan oleh masyarakat dunia sebagai The Last Paradise.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Maret 2023 hingga 4 April 2023 mencerminkan kondisi ekonomi nasional yang dominan dikeluhkan oleh masyarakat. 

Dalam kondisi pemerintah pusat, khususnya Pemerintah Provinsi Bali membangga-banggakan gencarnya pembangunan infrastruktur super wah, ternyata masyarakat menjerit menjalani kehidupannya sehari-hari lantaran susahnya memperoleh penghidupan. 

Ironisnya kondisi ekonomi nasional menurut survei LSI bulan ini jauh lebih buruk dibandingkan bulan Januari 2023. 

Lebih banyak atau 36,7 persen responden menilai keadaan ekonomi nasional Indonesia buruk atau sangat buruk dibanding yang menilai baik atau sangat baik sebesar 26,3 persen. 

Angka ini naik mengingat pada survei di Januari 2023, responden menilai keadaan ekonomi nasional Indonesia buruk atau sangat buruk sebesar 35,6 persen. 

Survei ini menyasar warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/handphone sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD), yakni memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!