Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Event

Festival Menggambar Nasional 2023 Kolaborasi Nestlé DANCOW dan Kemendikbudristek RI

Dukung Anak Indonesia Sehat, Kuat, dan Cerdas Berkarakter

FESTIVAL MENGGAMBAR NASIONAL: Jennifer Sharon dan Bunda Nia, salah satu peserta dari 10 Hasil Karya Terbaik dengan tema “Aku Dan Kau Suka Dancow dan Berolahraga” pada Penghargaan Festival Menggambar Nasional 2023. “Terima kasih Nestlé DANCOW yang telah menghadirkan Festival Menggambar Nasional. Aku senang banget dapat terpilih menjadi salah satu dari karya terbaik se-Indonesia. Pada festival ini, selain aku bisa mengekspresikan ide-ide gambar yang seru, aku juga belajar pengetahuan baru. Oh iya, terima kasih buat Bunda yang selalu mendampingi dan mendorong supaya aku bisa menjadi kuat dan pintar.” ujar Jennifer, siswi kelas 6 SD Pelangi Kasih Bogor.

 

JAKARTA, Balipolitika.com- 22 Oktober 2023, Nestlé Indonesia melalui salah satu bisnis unitnya, Nestlé DANCOW menyelenggarakan Festival Menggambar Nasional 2023 bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Mengusung tema “Aku Dan Kau Generasi Sehat, Kuat & Cerdas Berkarakter”, festival ini diadakan di 30 kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Manado, dan Kupang.

Sejak dimulai pada 11 Juli hingga 30 September terdapat lebih dari 11.400 karya anak Indonesia yang telah diterima.

Festival ini diharapkan dapat mendorong stimulasi Si Buah Hati pada keterampilan kognitif, motorik, analisis visual, maupun sarana untuk mengekspresikan dirinya, serta mampu mendukung program Pemerintah untuk menciptakan generasi Anak Indonesia yang kuat, cerdas dan berkarakter.

Sejalan dengan ambisi Nestlé global untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup yang lebih sehat pada 2030, Nestlé turut berkontribusi secara berkelanjutan di Indonesia.

Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu menyampaikan,Festival Menggambar Nasional 2023 merupakan wujud nyata Nestlé Indonesia dalam menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu, saat ini dan untuk generasi mendatang. Kami berharap festival ini dapat membantu membentuk kehidupan yang lebih sehat dan bahagia bagi anak-anak Indonesia dimulai dari usia dini.”

Sejalan dengan misi Kemendikbudristek RI meningkatkan derajat kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah melalui “Kampanye Sekolah Sehat” (KSS) yang sudah berjalan sejak 2022, Mendikbudristek RI diwakili oleh Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI Dr. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd menyampaikan, “KSS merupakan bentuk sinergi semua pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak di lingkungan sekolah dengan tiga fokus utama, yaitu, Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi (3S). Saya berharap Festival Menggambar Nasional ini bukan hanya dapat menstimulasi keterampilan dan menjadi wadah ekspresi bagi anak-anak, tetapi juga dapat memberikan pemahaman kepada para orang tua mengenai pentingnya 3S dalam proses tumbuh kembang anak.”

Festival yang terbagi dalam tiga kategori yaitu kategori A (kelas 1-2 Sekolah Dasar), kategori B (kelas 3-4 Sekolah Dasar), dan kategori C (kelas 5-6 Sekolah Dasar) diselenggarakan dengan tiga tahapan.

Para peserta dapat memilih salah satu dari tiga sub-topik: Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi. Selanjutnya, hasil karya peserta dikurasi oleh HelloMotion Academy, ahli bidang seni dan animasi.

Wahyu Aditya, Pendiri HelloMotion Academy menyambut gembira dapat berkolaborasi dengan Nestlé DANCOW. “Sebagai penggerak di bidang animasi dan kreativitas Indonesia, kami percaya bahwa setiap imajinasi merupakan sebuah ide yang perlu dikembangkan dengan kreativitas agar dapat menjadi suatu kenyataan. Festival Menggambar Nasional 2023 dapat mendorong kreativitas dan menjadi wadah imajinasi anak-anak. Ini dapat menginspirasi anak untuk mempelajari hal baru atau berpikir out of the box, yang dapat menjadi pondasi anak untuk mencapai kesuksesan di masa depannya.”

Adapun kriteria penilaian terdiri dari kesesuaian tema, komposisi warna, kerapian dan kebersihan, bentuk & gambar serta keunikan dari karya seni yang dihasilkan oleh masing-masing peserta.

Seluruh peserta Festival Menggambar Nasional 2023 mendapatkan sertifikat elektronik.

Bagi 10 peserta dengan karya terbaik dari setiap kategori akan mendapatkan tabungan pendidikan dengan total Rp50,000,000 (masing-masing sebesar Rp5.000.000) dan kelas animasi daring dari HelloMotion Academy.

Karya-karya terbaik para peserta turut ditampilkan pada Penghargaan Festival Menggambar Nasional 2023 di Jakarta pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Jennifer Sharon, salah satu dari 10 peserta dengan karya terbaik dari kategori C merasa bangga atas prestasi yang berhasil dicapai.

“Terima kasih Nestlé DANCOW yang telah menghadirkan Festival Menggambar Nasional 2023. Aku senang banget dapat terpilih menjadi salah satu dari karya terbaik se-Indonesia. Pada festival ini, selain aku bisa mengekspresikan ide-ide gambar yang seru, aku juga belajar pengetahuan baru. Oh iya, terima kasih buat Bunda yang selalu mendampingi dan mendorong supaya aku bisa menjadi kuat dan pintar.”

“Sebagai sahabat terpercaya Bunda dalam mendampingi tumbuh kembang Si Buah Hati, Nestlé DANCOW percaya perlunya pemenuhan kebutuhan gizi dan pemberian stimulus yang tepat. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Kemendikbudristek RI menyelenggarakan Festival Menggambar Nasional 2023. Kolaborasi ini merupakan dukungan Nestlé DANCOW bagi KSS untuk mendorong anak-anak usia sekolah hidup sehat sejak dini sehingga tercipta generasi Anak Indonesia yang kuat dan cerdas berkarakter,” tutup Christian Aldo Simandjuntak, Senior Brand Manager Nestlé DANCOW.

Nestlé DANCOW berkomitmen untuk terus menghadirkan pilihan produk yang lebih lezat, sehat dan terfortifikasi mikronutrien penting, seperti Zat Besi, Zink, Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C dan D yang berperan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak agar siap sekolah. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!