Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Bebas OPTK, Si Cantik Kalatea Siap Hiasi Sumatera Utara

CILACAP, Balipolitika.com- 12 Oktober 2023, Kalatea merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam ruangan.

Banyak pencinta tanaman hias, menghias ruangan kantor maupun rumah dengan berbagai jenis kalatea, hal ini membuat kalatea kian diminati.

Semakin banyaknya perdagangan tanaman hias di dalam negeri berpotensi dalam menyebarkan organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) di dalam wilayah Indonesia.

UPT Barantin di Cilacap memeriksa dua tanaman kalatea sebagai media pembawa yang berpotensi membawa OPTK yaitu Raoiella indica.

Pulau Sumatera saat ini masih bebas dari Raoiella indica, sehingga kita wajib mencegah penyebaran tungau ini dari Jawa ke Sumatera.

“Hasil pemeriksaan menunjukan bahwa kalatea tersebut bebas dari OPTK sehingga diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area dan tanaman dapat dikirim ke daerah tujuan,” ungkap Zulaekhah Rahmi, Pejabat Karantina yang bertugas. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!