Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Adi Arnawa Buka Lokasabha VII PGSDT Badung

LEMBAGA UMAT: Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus membuka Lokasabha VII Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kabupaten Badung, Minggu, 22 Oktober 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri sekaligus membuka Lokasabha VII Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kabupaten Badung dengan tema “Ngiring Tincapang Eling Ring Kawitan, Bhakti Ring Leluhur lan Guyub Masemeton” yang ditandai dengan pemukulan gong di Kertha Gosana Puspem Badung, Minggu, 22 Oktober 2023.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ida Sri Rsi Bhagawan Siwa Budha, Ketua PHDI Kabupaten Badung Gede Rudia Adiputra, anggota DPRD Kabupaten Badung l Nyoman Wiradana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Semeton Para Gotra Sentana Dalem Tarukan seKabupaten Badung beserta undangan lainnya.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Dalam sembara wacana-nya Adi Arnawa mengatakan atas nama pemerintah sangat menyambut baik dari pada kegiatan Lokasabha VII Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kabupaten Badung tersebut.

“Harapan saya kegiatan Lokasabha ini tidak hanya sebagai momentum untuk pergantian pengurus yang paling penting adalah bagaimana kita melakukan evaluasi terutama menyusun program-program kedepan agar bisa menyatukan diri menyamakan persepsi dan selalu menjaga soliditas,” harapnya.

Lebih lanjut di katakan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi bagaimanapun gempuran-gempuran akulturasi budaya di Daerah pariwisata sangat besar potensinya.

“Kalau kita sudah bersatu satu persepsi yang sama maka saya yakin dan percaya apa yang menjadi rintangan dan tantangan di dalam kehidupan sehari-hari bisa dilewati,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PGSDT Kabupaten Badung Jero mangku Pakris melaporkan bahwa Loka Sabha yang dilaksanakan tersebut merupakan Lokasabha yang ke 7 dan sudah menjadi tradisi di paiketan PGSDT setiap 5 tahun diadakan pada tingkat provinsi yang kemudian diikuti tingkat kabupaten/kota yang bertujuan untuk lebih mempererat paiketan pasemetonan juga sebagai wadah pertanggungjawaban pengurus PGSDT masa bakti 2018-2023 serta memilih dan menetapkan pengurus masa bakti 2023-2028.

”Persipan Lokasabha ini kami telah melaksanakan Pra Lokasabha pada tanggal 10 september 2023 lalu bertempat di Balai Pengelolaan Pantai Kedonganan yang dihadiri oleh pengurus PGSDT Kabupaten Badung dan pengurus Kecamatan se Kabupaten Badung,” lapornya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa telah disusun kepanitiaan dan merampungkan draf kepengurusan dan draft program kerja untuk 5 tahun ke depan.

“Inti kegiatan Lokasabha ke VII ini adalah pemilihan pengurusan PGSDT Kabupaten Badung dan pengurus PGSDT Kecamatan se Kabupaten Badung untuk penetapan program kerja pengurus PGSDT di tingkat Kabupaten maupun tingkat kecamatan,” imbuhnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!