Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Robinhood Pariwisata Pemberi Diskon Hotel 30-50 Persen Ditangkap Polisi

Dari 1.293 Kartu Kredit Subsidi Para Pelancong

TERBONGKAR: Wadir Reskrimsus AKBP Renefli Dian Candra didampingi Kasubdit Siber AKBP Nanang Prihasmoko dan Kabid Humas Kombespol Jansen Avitus Panjaitan dalam jumpa pers dengan tersangka M. Arya Perdana Kusuma (41 tahun) asal Jakarta Selatan di Polda Bali, Jumat, 28 Juli 2023.  

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Wajar masyarakat tergiur dengan tawaran diskon besar-besaran, khususnya untuk sewa hotel dan villa saat berlibur.

Namun tahukah Anda jika fasilitas diskon itu bisa jadi merupakan hasil perbuatan jahat seseorang dengan piranti teknologi informasi? Dengan kata lain ada Robinhood yang berjasa kepada Anda sehingga mendapatkan tiket super murah tersebut.

Hal itulah yang diungkap Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Bali, tepatnya terkait tindak pidana dengan carding menggunakan kartu kredit ilegal untuk kemudian digunakan transaksi dalam jaringan (daring).

Cegah lebih banyak korban, polisi meringkus M. Arya Perdana Kusuma (41 tahun) asal Jakarta Selatan saat mentraktir kekasihnya di Mall Bali Galeria, Jala By Pass Ngurah Rai, Kuta, Badung, Selasa 12 Juli 2023.

Dalam aksinya tersangka mempromosikan pemesanan hotel, villa, dan tiket pesawat dengan harga miring, yakni AlI Hotel & Villa disc 30-50%.

Wadir Reskrimsus AKBP Renefli Dian Candra didampingi Kasubdit Siber AKBP Nanang Prihasmoko dan Kabid Humas Kombespol Jansen Avitus Panjaitan tak menampik saat ini sedang marak kasus kejahatan kartu kredit alias carding yang mengatasnamakan agen travel.

Mereka menawarkan jasa, berupa hotel, vila, dan tiket pesawat dengan harga super murah. Ini membuat banyak orang tergiur dan akhirnya menjadi korban.

Aksi M. Arya Perdana Kusuma tercium Patroli Siber Polda Bali lewat salag satu akun media sosial Instagram @ratdiba_ yang mempromosikan pemesanan hotel atau villa dan tiket pesawat yang dipromosikan dengan kata-kata pancingan “AlI Hotel & Villa disc 30-50%”.

Selanjutnya dilakukan profilling terhadap akun media sosial Instagram @Ratdiba. Akun ini semula diduga milik wanita berinisial RN. Ternyata ia adalah kekasih M. Arya Perdana Kusuma. Kedunya tak bisa menghindar saat dikepung di Mall Bali Galeria, Jala Bypass Ngurah Rai, Kuta, Badung, Selasa 12 Juli 2023.

Saat diinterogasi, RN mengaku hanya membantu pacarnya untuk mengiklankan pemesanan hotel, vila, dan tiket pesawat.

RN mengaku tidak mengetahui dari mana voucher-voucher tersebut didapatkan sang pacar.

Sementara itu, M. Arya Perdana Kusuma mengaku voucher-voucher tersebut didapatkan dari promo di berbagai travel agent.

Hebohnya, saat Tim Siber Polda Bali melakukan pengecekan terhadap laptop Macbook milik Kusuma ditemukan 1.293 data kartu kredit, milik orang lain dari berbagai bank, baik dalam maupun luar negeri.

Kusuma sebut bahwa 1.293 data kartu kredit tersebut didapat dengan cara membeli di situs Dark Web seharga rata-rata perdata kartu kredit $20 (Dolar USD) yang dibayar menggunakan Crypto Currency.

Selanjutnya oleh Kusuma, kartu-kartu kredit milik orang itu digunakan untuk membeli voucher hotel dan tiket pesawat.

“Dia beli dengan harga normal dan untuk mendapatkan uang cash dengan cepat, kemudian voucher-voucher tersebut dijual kembali oleh MA dengan harga diskon 30-50 persen,” ungkap AKBP Renefli.

Penjualan ini melalui dilakukan melalui aplikasi Airbnb atau booking.com.

Selain itu dijual melalui Aplikasi di App Store Apple yang bukan merupakan haknya.

Tersangka asal Jakarta Selatan itu merupakan residivis yang bolak-balik masuk penjara dengan berbagai kasus.

“Ya, terakhir bulan April 2023 baru keluar dari Rutan Salemba karena kasus narkoba. Untuk kepentingan penyidikan saat ini tersangka MA kita amankan di Rutan Polda Bali beserta barang bukti,” lagi pungkasnya. (sat/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!