Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Ganjar Pranowo Cium Tangan Pak Subari: Beliaulah Pahlawan Kita Hari Ini

PETANI DERMAWAN: Gubernur Jawa Tengah, Haji Ganjar Pranowo, SH, MIP memaknai Hari Pahlawan, Kamis, 10 November 2022 dengan mencium tangan seorang petani biasa bernama Subari di Lapangan Simpanglima, Jawa Tengah, Kamis, 10 November 2022.

 

JAWA TENGAH, Balipolitika.com– Hal sederhana namun istimewa dipertontonkan Haji Ganjar Pranowo, SH, MIP memaknai Hari Pahlawan, Kamis, 10 November 2022.

Gubernur Jawa Tengah dua periode yang menjabat sejak 23 Agustus 2013 sekaligus Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dua periode, yaitu 2014–2019 dan 2019-2024 sekaligus Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id) itu mencium tangan Subari dalam Upacara Hari Pahlawan 2022 di Lapangan Simpanglima, Jawa Tengah.

Subari adalah seorang petani yang menghibahkan tanah seluas 1.800 meter persegi untuk dibangun embung yang akan mengairi sawah-sawah di wilayah tersebut.

Ganjar Pranowo memuji Subari sebagai sosok petani sederhana, namun dermawan luar biasa.

“Beliau Pak Subari, asal dari Desa Kalibareng, Patean, Kendal. Sengaja saya undang pada Upacara Hari Pahlawan 2022 di Lapangan Simpanglima ini. Pak Subari ini bukan juragan, bukan tuan tanah. Beliau cuma petani biasa. Tapi dengan gagah berani menghibahkan 1.800 meter persegi tanahnya untuk dibangun embung yang akan mengairi sawah-sawah di desanya. Saya nggregel mendengar ceritanya. Ketika di luar sana orang-orang berebut tanah, bahkan kemarin ada sekolah dasar yang ditutup karena tanahnya jadi sengketa. Hari ini ada di depan kita semua, seorang petani sederhana namun dermawan luar biasa. Pak Subari mengikhlaskan tanahnya agar tetangga-tetangganya tak lagi kesulitan air saat kemarau tiba. Pak Subari bersedia berkorban demi kepentingan masyarakat desanya. Untuk mendukung pengorbanan beliau, Pemprov Jateng menganggarkan Rp3,4 miliar sebagai dana pembangunan embungnya Pak Subari yang insyaallah akan rampung akhir tahun ini,” ungkap Ganjar Pranowo.

“Atas nama rakyat Jawa Tengah, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Subari. Beliaulah Pahlawan kita hari ini,” ujar Ganjar Pranowo memberikan apresiasi yang tulus. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!