Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Konsolidasi PDIP, Yunita Curhat Dicoret Ikut Pileg 2024

Diselamatkan I Nyoman Giri Prasta

DITOLONG GIRI PRASTA: Ni Putu Yunita Oktarini, peraih 15.392 suara tertinggi kursi DPRD Badung Dapil Abiansemal hasil Pileg 2024 bersama sang suami, I Bagus Alit Sucipta peraih 117.625 suara kursi DPRD Bali Dapil Badung masa bakti 2024-2029.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Nama I Bagus Alit Sucipta, Ni Putu Yunita Oktarini, Wayan Regep sempat hilang di 11 hari sisa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari parpol peserta Pemilu 2024 yang dibuka Senin, 1 Mei 2023 dan ditutup Minggu, 14 Mei 2023 lalu. 

Kini, ketiganya membuktikan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) peraih suara tertinggi di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. 

I Bagus Alit Sucipta meraih 117.625 suara untuk kursi DPRD Bali masa bakti 2024-2029 Dapil Badung; Ni Putu Yunita Oktarini meraih 15.392 suara kursi DPRD Badung Dapil Abiansemal; dan Wayan Regep yang merupakan politisi asal Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi plus Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Badung meraih suara tertinggi Dapil Mengwi Pileg 2024 dengan capaian 12.119.

Sebelum dicoret dari Daftar Calon Sementara Pileg 2024, I Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota (Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Bali) berstatus pendulang suara tertinggi Pileg 2019 di Bali untuk kursi DPRD Bali dengan perolehan 111.741 suara. 

Demikian juga dengan Ni Putu Yunita Oktarini. Runner Up Miss Indonesia 2006 yang mengemban amanat sebagai Ketua Alumni MISS Indonesia dan Ketua DPD Taruna Merah Putih Provinsi Bali serta pernah bekerja sebagai MNC Talent, Dirut Fabulous Garment, Presenter Liga Spanyol RCTI, Presenter Liga Champion RCTI, plus Presenter Kassel TPI meraih 5.158 suara dan  lolos ke DPRD Badung Dapil V (Kecamatan Kuta) dengan status peraih suara tertinggi kedua di bawah rekan separtainya, I Gusti Anom Gumanti yang mendulang 5.586 suara.

Di luar ketiga politisi ini, nama sejumlah pendatang baru yang diajukan DPC PDIP Badung juga lenyap. Mereka adalah I Wayan Bawa untuk calon DPRD Bali, serta calon Dapil Abiansemal Putu Dendy Astra Wijaya dan I Gede Yoga. 

Indikasi keenam bacaleg DPC PDIP Badung ini dicoret lantaran mereka tidak mendapatkan pesan melalui WhatsApp dari staf DPP PDIP. 

Tak hanya pencoretan, dua bacaleg PDIP Badung yang sebelumnya dipasang untuk bertarung di tingkat II alias DPRD Badung juga disebut-sebut dilempar ke DPRD Provinsi. 

Dua nama tersebut adalah Sekretaris DPC PDIP Badung sekaligus Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata dan Ketua Komisi 1 DPRD Badung, I Made Ponda Wirawan. 

Kala itu, keduanya diketahui mendapat pesan WhatsApp yang jelas-jelas menugaskan sebagai bakal calon legislatif tingkat I alias DPRD Provinsi Bali. 

Memori “kelam” itu dicurahkan Ni Putu Yunita Oktarini saat menjadi tuan rumah alias host Konsolidasi Internal Partai DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung Menyongsong Pilkada Serentak 2024 di Wantilan Pura Ntegana, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Badung, Senin, 20 Mei 2024.

“Kemarin (tahun 2023, red) pernah saya dan suami nama kami hilang di tengah jalan. Tapi apa, seorang Bapak Nyoman Giri Prasta, pribadi Beliau memperjuangkan dengan sangat dan sungguh-sungguh. Terima kasih, Bapak. Kami diperjuangkan. Ini pribadi Bapak Nyoman Giri Prasta. Beliau ini tidak akan pernah yang namanya melupakan saudaranya.Tidak akan pernah melupakan masyarakatnya. Niki pribadi Beliau yang luar biasa dan titiang berharap bahwa perjuangan kita Bapak, bukan hanya sampai di Badung saja, tapi perjuangan Bapak bagaimana bisa menyejahterakan masyarakat se-Bali. Nike cita-cita kami,” curhat Ni Putu Yunita Oktarini. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!