Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum

Warga Binaan Dibuatkan Bimtek, Tentang Apa?

Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi

BIMTEK WARGA BINAAN: Wujudkan Layanan Terbaik bagi Warga Binaan, Kemenkumham Bali Gelar Bimtek Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi


DENPASAR, Balipolitika.com-
Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Tahun 2024.

Acara yang dibuka pada hari Rabu 20 Maret 2024 ini diikuti oleh seluruh Pejabat Administrator dan Pengawas pada Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Bali, Tenaga Kesehatan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali.

Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di Hotel Inna Sindhu Beach ini berlangsung selama tiga hari 20 – 22 Maret 2024.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan rehabilitasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali yang diwakili oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Bali, I Putu Murdiana, dalam sambutannya menegaskan komitmen Kemenkumham Bali dalam memberikan pelayanan kesehatan dan rehabilitasi yang terbaik bagi WBP.

“Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang wajib dihormati dan dilindungi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan pelayanan kesehatan dan rehabilitasi yang prima bagi WBP,” ujar Murdiana.

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari berbagai instansi terkait, seperti Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Para peserta akan mendapatkan materi tentang berbagai aspek perawatan kesehatan dan rehabilitasi, seperti:
– Pengelolaan kesehatan di UPT Pemasyarakatan
– Pencegahan dan pengendalian penyakit menular
– Penanganan kesehatan ibu dan anak
– Rehabilitasi medis dan kejiwaan
– Penanganan gizi buruk
– Pengelolaan data dan pelaporan

Putu Murdiana mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petugas dalam memberikan layanan kesehatan dan rehabilitasi.

“Melalui Bimtek ini, diharapkan para petugas dapat memberikan layanan kesehatan dan rehabilitasi yang profesional, aman, dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” tambah Murdiana.

Di akhir acara, Putu Murdiana berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti Bimtek dengan seksama dan menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Saya harap Bimtek ini dapat menghasilkan petugas yang berkompeten dan profesional dalam memberikan layanan kesehatan dan rehabilitasi bagi WBP,” tutup Murdiana.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!