Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Prabowo Dinarasikan Emosian, De Gadjah Ajak Netizen Cerdas

Minta Warga Bali Tak Ikut Sebarkan Hoaks

PRABOWO-BAHLIL TERTAWA: Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Bali, Made Muliawan Arya, SE.,MH alias De Gadjah meminta netizen untuk lebih cermat dan cerdas dalam menyikapi sebuah video, khususnya yang dipenggal-penggal untuk tujuan tertentu. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com Status CNN Indonesia @CNNIndonesia yang bertuliskan Kala Cak Imin Tak Paham Pertanyaan Gibran soal SGIE dibalas akun Instagram Anies Baswedan @ABasweddan.

Balasan pendek tersebut berbunyi SGIE: Si Gemoy Itu Emosian sembari mengunggah video saat momen Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto seolah-olah menarik jas Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat menghampirinya.

Cuplikan video pendek yang berakhir fitnah terhadap Prabowo Subianto dengan ejekan SGIE: Si Gemoy Itu Emosian ternyata cuma narasi klise yang menyesatkan semata.

Mirisnya, konten yang dinarasikan seolah-olah Prabowo Subianto berbuat kasar terhadap Menteri Bahlil Lahadalia padahal hoaks tersebut beredar masif di media sosial Twitter dan sejenisnya, Sabtu, 23 Desember 2023.

Parahnya lagi, tak sedikit pula netizen Pulau Dewata yang menyebarkan video sepotong-potong tersebut. 

Faktanya, ada video lain yang diambil dari angle berbeda dan tidak terlihat ada tarikan kasar yang dilakukan Prabowo terhadap Bahlil.

Saat Prabowo menggapai jaket yang dikenakan Bahlil, Bahlil terlihat memajukan badannya untuk mendekat ke Prabowo. 

Ekspresi Bahlil pun tertawa dari awal mendekat hingga saat dibisiki Prabowo.

Saat Prabowo melepas jaket Bahlil keduanya pun terlihat masih ngobrol. Bahlil tampak berbisik balik ke Prabowo. Tidak lama, Prabowo kemudian menepuk kaki Bahlil.

Bahlil lalu kembali ke tempat duduk dengan ekspresi tertawanya.

Di sisi lain, video yang viral seolah-olah Prabowo berbuat kasar memperlihatkan Bahlil menghampiri Prabowo dan terlihat menggapai jaket menarik Bahlil agar lebih dekat.

Terlihat ada sesuatu yang disampaikan Prabowo ke Bahlil.

Video beredar itu lantas dinarasikan kalau Prabowo melakukan hal kasar terhadap Bahlil.

Merespons hal tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Bali, Made Muliawan Arya, SE.,MH alias De Gadjah meminta netizen untuk lebih cermat dan cerdas dalam menyikapi sebuah video, khususnya yang dipenggal-penggal untuk tujuan tertentu. 

“Itu bukan ditarik. Itu dipegang karena Pak Prabowo kan harus berbisik (agar tidak mengganggu jalannya debat perdana Cawapres RI, red) dan mereka kan tertawa-tertawa. Itu video kan dipotong-potong. Silakan simak video full-nya. Pak Prabowo dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tertawa-tawa kok. Nah, yang ngerekam itu dari pihak mana? Kelihatan banget tuh dari pihak seberang. Kan tidak etis jika Prabowo berteriak (saat berbincang dengan Bahlil, red) karena audiens diwajibkan untuk tenang agar tidak mengganggu jalannya debat. Intinya, mari kita lebih bijak menyikapi narasi-narasi yang dibangun oleh pihak tertentu agar tidak ikut menyebarluaskan hoaks alias berita bohong,” tegas Made Muliawan Arya, SE.,MH, Sabtu, 23 Desember 2023. (tim/bp) 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!