Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

Forum Keamanan Seminyak Gelar Beach Clean Up di Pantai Gado-Gado

Maknai HUT Ke-5

JAGA SEMINYAK: Foto bersama anggota Forum Keamanan Seminyak (FKS) usai menggelar aksi Beach Clean Up di Pantai Gado-Gado, Seminyak, Badung, Bali, Jumat, 22 Desember 2023 pagi. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Beach Clean Up, langkah awal meningkatkan kepedulian sampah di laut ditunjukkan oleh ratusan security yang tergabung dalam wadah koordinasi Forum Keamanan Seminyak (FKS), Jumat, 22 Desember 2023 pagi. 

Aksi cinta lingkungan oleh Forum Keamanan Seminyak yang terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Lurah Seminyak Nomor 2 Tahun 2019 itu dipusatkan di Pantai Gado-Gado, Seminyak, Badung, Bali.

Ketua Forum Keamanan Seminyak, Made Indrawan mengatakan beach clean up digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Forum Keamanan Seminyak yang berdiri sejak 5 Desember 2018 silam. 

“Forum Keamanan Seminyak menyelenggarakan beach clean up berkoordinasi dengan kepala lingkungan, Jero Bendesa, dan Badan Pembangunan Desa (Bapedes) Seminyak untuk menjaga wilayah Seminyak yang sudah bersih agar lebih bersih,” terang Pelatih Silat Perisai Diri tersebut diwawancarai di sela-sela acara.

Tak hanya menjaga Seminyak dari masalah jambret, money changer nakal, bule stres, dan sejenisnya, terang Made Indrawan, Forum Keamanan Seminyak juga bertanggung jawab menjaga kebersihan areal Seminyak. 

“Ikon Seminyak adalah pantai sehingga kami juga berkontribusi pada kebersihan dan bakti sosial lainnya,” urai Made Indrawan sembari menyebut FKS rutin menggelar aksi sosial, dikoordinasikan oleh masing-masing properti yang tergabung di dalamnya.

“Hari ini (Jumat, 22 Desember 2023, red) yang mengkoordinir itu adalah The Oberoi Hotel, Upasha, La Favela, dan the Seminyak Suite,” tandas Made Indrawan. 

Made Indrawan menyebut ratusan personil yang terlibat dalam beach clean up di Pantai Gado-Gado, Seminyak merupakan perwakilan security dari hotel, restoran, villa, dan pelaku usaha lain di wilayah Kelurahan Seminyak.

“Melalui beach clean up dan agenda-agenda kegiatan lainnya, Forum Keamanan Seminyak ingin berkontribusi menjaga area Seminyak demi keamanan dan kenyamanan para turis mancanegara serta domestik yang berkunjung ke Bali. Kami berkolaborasi dan bersinergi dengan satlinmas, pengaman swakarsa desa adat atau penrepti, kepala lingkungan, lurah, LPM, serta Satpol PP, Polri, dan TNI,” terang Made Indrawan sembari menyebut anggota Forum Keamanan Seminyak berasal dari security 56 hotel, restoran, dan villa di wilayah Seminyak. 

“Dalam rangkaian puncak HUT ke-5 Forum Keamanan Seminyak yang kami rayakan 5 Januari 2024, beach clean up ini merupakan kegiatan pembuka. Selain kami bergerak di bidang keamanan, saya pikir kenyamanan dan kebersihan wilayah Seminyak perlu kita jaga bersama,” imbuhnya. 

Made Indrawan menambahkan Forum Keamanan Seminyak merupakan binaan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan penanggung jawab Lurah Seminyak. 

“Kami senantiasa mendapatkan bimbingan dan petunjuk sehingga bisa bergerak bersinergi dengan desa adat, kepala lingkungan, dan tokoh-tokoh masyarakat,” jelasnya.

Bhabinkamtibmas II Kelurahan Seminyak, Wayan Sudira, SE yang ditemui di lokasi acara mengatakan sinergi pihaknya dengan Forum Keamanan Seminyak selama 5 tahun terakhir terjalin sangat baik. 

“Sinergi ini semata-mata untuk menjaga Seminyak. Semoga wisatawan semakin aman dan  nyaman. Tentunya tidak pernah bosan datang kembali ke Bali, khususnya Seminyak,” ucap Wayan Sudira, SE. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!