Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Penuhi Persyaratan, Karantina Jambi Lepas Puluhan Sapi dan Kambing ke Batam

BATAM, Balipolitika.com- Badan Karantina Indonesia melalui Unit Pelaksana Teknis di Jambi Wilayah Kerja Pelabuhan Kuala Tungkal melakukan pemeriksaan terhadap 21 ekor sapi dan 70 ekor kambing yang akan dilalulintaskan ke Batam.

Hewan berkaki empat tersebut akan diangkut menggunakan KLM. Satria Pratama menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Riau.

Neni Fitriyani selaku Dokter Hewan Karantina mengatakan bahwa ternak tersebut telah diuji laboratorium dengan metode Elisa PMK SP dengan hasil seropositif, uji lab RBT dengan hasil negatif serta parasit darah dan anthrax negatif.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Kemudian untuk kambing juga telah diuji Elisa PMK NSP dengan hasil seronegatif serta uji anthrax negatif.

“Lalu lintas media pembawa (MP) khususnya hewan ternak melalui Pelabuhan Kuala Tungkal mobilitasnya cukup tinggi, karena menjadi jalur penyeberangan dari Kuala Tungkal, Dabo menuju Batam,” ujar Neni, Selasa (9/10).

“Kami lakukan disinfeksi pada alat angkut sebagai tindakan perlakuan untuk mematikan agen penyakit. Dengan perlakuan tersebut, dapat memusnahkan mikroorganisme yang mungkin menempel pada media pembawa,” tambahnya.

Kepala UPT Barantin di Jambi, N. Prayatno Ginting di tempat terpisah mengatakan bahwa pihaknya giat melakukan tindakan karantina terhadap media pembawa yang hendak melintas. “Pelayanan sertifikasi karantina di seluruh Wilayah Kerja Karantina Jambi akan menerapkan SOP pelayanan yang sama. Sertifikat Karantina akan diterbitkan jika MP dinyatakan sehat dan layak untuk melintas,” ujar Ginting. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!