Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Penuhi Kebutuhan Domestik, 200 Ton Bungkil Sawit Asal Bangka Berlayar Menuju Jakarta

BANGKA TENGAH, Balipolitika.com- Pejabat Karantina Pangkalpinang melalui Wilayah Kerja (Wilker) Sungai Selan melakukan pemeriksaan terhadap 200 Ton bungkil kelapa sawit yang akan dikirim ke Jakarta, Jumat 6 Oktober 2023.

Bungkil tersebut dimuat dan direncanakan berlayar menggunakan Kapal Layar Motor (KLM) Bintang Pratama dengan tujuan Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Sebelum diberangkatkan, bungkil sawit telah melalui serangkaian pemeriksaan karantina berupa pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik. Mengecek kebenaran jumlah dan jenis media pembawa, serta untuk memastikan bungkil tersebut bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina,” ucap Soni Suherman, selaku pejabat Karantina yang melakukan pemeriksaan.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pangkalpinang, Herwintarti menambahkan bahwa selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, bungkil sawit atau disebut juga dengan Palm Kernel Expeller (PKE) asal Bangka Belitung merupakan komoditas unggulan yang terus didorong untuk dapat langsung ekspor dari Pangkal Balam tujuan Vietnam dan Thailand. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!