Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Suiasa Serahkan Rp678 Juta di Desa Gulingan

Hadiri Karya Atma Wedana Memukur

DEWA YADNYA: Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa saat menghadiri Karya Atma Wedana Memukur di Desa Gulingan, Sabtu, 14 Oktober 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa menghadiri Karya Atma Wedana Memukur (Metatah, Ngeraja Swala, dan Mepetik Massal) Desa Gulingan, Sabtu, 14 Oktober 2023 di Wantilan Sabha Prakerti Pura Dalem Gulingan Gede, Desa Adat Gulingan.

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Ketut Sideman Griya Sideman Gulingan ini turut dihadiri Kadis Kebudayaan l Gede Eka Sudarwitha, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Gulingan l Ketut Winarya, Bendesa Adat Gulingan Ida Bagus Gangga, Kelihan Adat atau Dinas se-Desa Gulingan, beserta undangan lainnya .

Sebagai bentuk perhatian dan komitmen dari Pemkab Badung, Wabup Suiasa secara simbolis menyerahkan bantuan dana BKK Perubahan Tahun 2023 sebesar Rp300 juta serta bantuan dari dana APBDes Gulingan sebesar Rp378 juta lebih.

Dalam sembarawacana-nya, Wabup Suiasa merasa bersyukur bisa hadir sekaligus sebagai upasaksi pada kegiatan Karya Atma Wedana Memukur di Desa Adat Gulingan karena kedatangannya sebagai salah satu rasa cinta kasih kepada masyarakat Gulingan.

“Saya minta dengan adanya kegiatan Karya Atma Wedana ini agar secara tulus dan ikhlas melakukannya karena secara tidak langsung sudah membayar utang kepada orang tua atau leluhur yang telah tiada melalui Karya Memukur dan membayar hutang juga kepada anak melalui Karya Mepetik,” ujarnya.

Sementara itu, Manggala Karya I Wayan Darmaja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wabup Suiasa atas kedatangan pada Karya Atma Wedana Memukur dan mengajak semua warga untuk Ngastiti Bakti (berdoa bersama) ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa agar kegiatan bisa berjalan lancar sesuai yang diharapkan bersama.

”Kami merasa berbahagia sekali bisa melaksanakan kegiatan Karya Atma Wedana, Metatah, Mepetik, Memukur di Desa Adat Gulingan, karya ini diikuti 13 banjar di Desa Adat Gulingan dan sudah berjalan dari tanggal 3 Oktober 2023 serta puncaknya tanggal 16 Oktober Nganyud ke Segara dan Meajar-ajar. Kami laporkan juga bahwa Karya Atma Wedana diikuti 94 Sawa, Metatah (potong gigi) sebanyak 198 orang, Mepetik sebanyak 164 orang dan Menek Kelih (Ngeraja Swala) sebanyak 187 orang. Adapun sumber dana pada Karya Atma Wedana yaitu dari bantuan Pengkab Badung dari dana BKK sebesar Rp300 juta dan bantuan dana dari APBDes Gulingan sebesar Rp378 juta lebih,” lapornya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!