Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Alam Lestari

Bonsai Asal Seruyan Siap Menghiasi Kota Tahu

SERUYAN, Balipolitika.com- Karantina Pertanian Palangkaraya melalui Wilayah Kerja Seruyan kedatangan pengguna jasa yang akan mengirimkan bonsai menuju Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pejabat karantina melaksanakan pemeriksaan terhadap batang dan bagian tanaman sebelum dilalulintaskan keluar dari Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Bonsai tersebut sebelum dikirim ke daerah tujuan, wajib dilaksanakan tindakan karantina tumbuhan hingga diterbitkannya sertifikat kesehatan tumbuhan antar-area atau disebut KT-12.

Pejabat karantina melakukan serangkaian tindakan karantina guna memastikan tanaman tersebut bebas dari serangga hidup maupun gejala penyakit tumbuhan.

“Kami senantiasa melakukan pemeriksaan pada bagian tanaman yang akan dilalulintaskan untuk memastikan kesehatannya. Setelah tindakan itu, bila tanaman dinyatakan sehat selanjutnya kami menerbitkan sertifikat KT-12,” ujar Akbar selaku pejabat karantina yang bertugas.

Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang sengaja dikerdilkan dalam pot dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk aslinya.

Tanaman ini memiliki nilai estetika tersendiri bagi para kolektornya karena memiliki bentuk yang unik dan indah dipandang.

Tanaman ujung atap merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan bonsai dan banyak dijumpai di Seruyan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Baeckea sp ini banyak dijumpai di hamparan lahan kosong dekat pantai. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!