Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Winasa Kalah Jauh, di Era Tamba Jembrana Peroleh Nilai IKM Tertinggi di Bali

I Nyoman Giri Prasta Keok! Tamba Lebih Piawai Puaskan Rakyat

PRESTASI: Bupati Jembrana I Nengah Tamba dengan Menpan RB Abdullah Azwar Anas, di Ruang Rapat Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Senin, 4 September 2023.

 

NEGARA, Balipolitika.com Pikiran bahwa masa keemasan Kabupaten Jembrana berlangsung di era kepemimpinan Bupati Jembrana 2 periode 2000-2010, I Gede Winasa sepertinya harus dikoreksi.

Sebab masa keemasan Jembrana sedang berlangsung saat ini di era kepemimpinan Bupati I Nengah Tamba.

Tak lolos di percaturan politik Pileg 2019 saat maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bali dari Partai Demokrat, garis tangan membawa sosok I Nengah Tamba sebagai orang nomor 1 di kabupaten di ujung Bali Barat.

Berkat tangan dinginnya memimpin Bumi Mekepung, Kabupaten Jembrana menjadi yang tertinggi dalam pelaksanaan kebijakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2022 tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan RB).

Adapun Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diperoleh kabupaten Jembrana 3,87. 

Nilai tersebut menjadikan kabupaten Jembrana tertinggi di Bali disusul kabupaten Buleleng dan Badung dengan perolehan nilai sama 3,82.

Hal itu disampaikan langsung Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat arahannya dalam acara Reformasi Birokrasi dan Manajemen ASN di Ruang Rapat Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Senin, 4 September 2023.

“Hasil ini diharapkan dapat terus ditingkatkan agar ke depan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Penyederhanaan birokrasi juga agar menjadi atensi setiap kepala daerah demi kepuasan pelayanan kepada masyarakat,” ujar mantan Bupati Banyuwangi dua periode ini.

Raihan tersebut berdasarkan survei tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten Jembrana terhadap pelayanan Pemerintah Kabupaten Jembrana. 

Penilaian berdasarkan kinerja layanan publik yang mencakup sarana prasarana, kejelasan prosedur dan pengelolaan pengaduan.

Berdasarkan nilai yang diperoleh menyimpulkan kabupaten Jembrana sebagai kabupaten yang meraih IKM tertinggi di Bali. 

Hal ini berdasarkan atas hasil penilaian yang menyatakan semua unit pelayanan di kabupaten Jembrana memiliki SOP pelayanan, kemudian setiap ASN memiliki jiwa melayani terutama dengan adanya petugas di setiap OPD untuk melayani penyandang disabilitas secara khusus, serta peningkatan sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat

Menjadi yang tertinggi di Bali dalam Indeks Kepuasan Masyarakat, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian luar biasa ini. 

Sekaligus sebagai pemacu semangat dan komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat di setiap OPD.

Menjadi yang tertinggi di Bali dalam Indeks Kepuasan Masyarakat, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian luar biasa ini. 

“Pencapaian ini membuktikan komitmen Kabupaten Jembrana dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas hidup masyarakat kabupaten Jembrana,” ucapnya.

Indeks kepuasan Masyarakat ( IKM ) berdasarkan survei tingkat kepuasan masyarakat kabupaten Jembrana terhadap pelayanan pemerintah kabupaten Jembrana. 

Indikator survey berdasarkan kinerja layanan publik diantaranya sarana prasarana, SOP Pelayanan, kejelasan prosedur dan pengelolaan pengaduan hingga kompetensi SDM penyedia layanan.

Dalam kesempatan itu, juga turut diserahkan dokumen Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun (Tahun 2025 – 2125) kepada Bupati/Walikota dan Ketua DPRD se-Bali oleh Gubernur Bali Wayan Koster. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!