Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Siaga Bencana

Sakit, Tim SAR Evakuasi Turis Romania di Tengah Laut

MENEGANGKAN: Tim SAR gabungan naik kapal menggunakan tangga tali gantung untuk menjemput WNA berkebangsaan Romania bernama Mihordea (50 tahun) yang sakit di atas kapal MV. Blue Ridge, Sabtu 2 September 2023.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com- Pria asal Romania bernama Mihordea (50 tahun) dievakuaisi ke daratan dari atas kapal MV. Blue Ridge saat berlayar, dari Zhaoushan, China, hendak menuju Australia. Yang bersangkutan dievakuasi tepatnya di Perairan Selat Bali, Sabtu 2 September 2023.

Kepala Kantor Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya mengatakan, informasi diterima bahwa seorang POB MV. Blue Ridge sakit dan meminta bantuan evakuasi untuk dibawa ke darat, untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut, sekitar pukul 14.30.

“Kami dapat info itu dari agen kapal,” ungkapnya.

Setelah mengetahui, yang sakit beridentitas Mihordea (50 tahun), Warga Negara Asing (WNA) asal Romania, berada di Kapal bertolak dari Zhaoushan (China) hendak menuju Australia, langsung ditindaklanjuti.

Lalu diketahui, kapal berbendera Liberia tersebut posisinya berada di Selat Badung. Petugas siaga berkoordinasi dengan BTS Benoa untuk menentukan titik koordinat yang aman melakukan Medevac.

“Akhirnya diketahui titik intercept berada di posisi 8°45’58.81″S – 115°14’43.02″T, berjarak ± 2.49 Nm dan heading 125.36° dari Pelabuhan Benoa,” tuturnya. Sesuai dengan permintaan pihak agen kapal, maka tim SAR Basarnas Bali bersama tenaga medis bergerak dari Pelabuhan Benoa sekitar pukul 17.00 Wita.

Berselang 40 menit MV Blue Ridge tiba di titik intercept dan selanjutnya RIB merapat di sisi kapal. Hingga pukul 20.00, ia enggan dievakuasi karena kondisi mulai gelap, alun tinggi dan angin kencang, selanjutnya mereka meminta evakuasi dilaksanakan besoknya.

“Evakuasi ditunda,” jelas I Nyoman Sidakarya.

Evakuasi dilanjutkan pagi ini dengan menurunkan RIB dan lepas sandar dari Pelabuhan Benoa, sekitar pukul 06.25. Proses evakuasi berlangsung kurang lebih 25 menit, yakni pukul 07.25.

“Setelah kita evaluasi selanjutnya dibawa menuju RS Siloam dengan menggunakan Ambulance Angkasa Pura Logistik,” terangnya.

Dalam upaya evakuasi ini turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Lanal Denpasar, Dit Samapta Polda Bali, Dit Polair Polda Bali, Polsek KP3 Benoa, KSOP Benoa, VTS Benoa, Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Kantor Bantu Bea Cukai Benoa, KKP Kelas I Denpasar, Pusdalops Provinsi Bali dan pihak agen kapal. (sat/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!