Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Amalkan Sewaka Dharma, Jaya Negara Apresiasi PHDI Denpasar

Buka Lokasabha V Tahun 2024

SRADHA BAKTI: Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri Lokasabha V PHDI Kota Denpasar di Pura Agung Lokanatha, Minggu, 12 Mei 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Lokasabha V Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar Tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan gong di Pura Agung Lokanatha, Kota Denpasar, Minggu, 12 Mei 2024.

Lokasabha V ini mengusung tema “Melalui Lokasabha V Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar, Kita Tingkatkan Sradha dan Bhakti dalam Pelayanan Umat Hindu dari Kota Denpasar Menuju Hindu Nusantara”.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Kota Denpasar, Ketua PHDI Provinsi Bali I Nyoman Kenak, Ketua PHDI Kota Denpasar Periode Tahun 2022-2024, I Made Arka, perwakilan PHDI kabupaten dan kota se-Bali, beserta undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jaya Negara memberikan piagam penghargaan kepada lima orang tokoh yang berjasa dalam bidang keagamaan dan pendidikan agama Hindu.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya mengatakan tema Lokasabha V PHDI Kota Denpasar mengingatkan kembali makna hidup sebagai umat Hindu yang senantiasa melayani sesama.

Hal terdebut baik di dalam organisasi sebagai pengurus dan anggota, maupun masyarakat dalam kehidupan bersosial, serta baik itu untuk umat Hindu Bali, maupun nusantara.

Jaya Negara juga mengapresiasi atas segala pelayanan PHDI kepada umat.

Hal ini tidak hanya dalam tuntunan, namun berbagai kegiatan seperti metatah massal gratis, mebayuh otonan gratis, dan sebagainya, yang merupakan wujud dari semangat Sewaka Dharma yakni melayani adalah kewajiban serta Vasudhaiva Kutumbakam bahwa kita semua bersaudara.

“Mari kita gelorakan spirit Vasudhaiva Kutumbakam serta Sewakadarma dalam memberikan pelayanan umat, dan kami berharap pemilihan kepengurusan baru dapat menjadi penerus segala capaian dan pengayom seluruh umat yang ada di Kota Denpasar sebagai penguat eksistensi umat Hindu dalam berbhineka tunggal ika,” Kata Jaya Negara.

Sementara itu, Ketua PHDI Provinsi Bali, I Nyoman Kenak menyampaikan bahwa pengurus PHDI harus bisa dan mampu melayani umat.

Hal ini utamanya dalam kepentingan untuk menjaga dan menguatkan adat dan istiadat Bali sehingga ke depan adat dan tradisj Bali ajeg sebagai warisan leluhur yang adiluhung.

“Saat ini kita berkumpul bukan hanya untuk memilih pengurus dan merencakan program kerja periode ke depan, namun berkomitmen untuk bisa bersama-sama dan bekerja sama demi kepentingan umat,” ujar Nyoman Kenak. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!