Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Suiasa Terbang ke Jakarta, Ambil Tiket Calon Bupati Badung?

Dirahasikan Giri, 9 Nama Bocor ke Publik

MENUJU PILKADA 2024: (kiri-kanan) Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa foto di depan Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan bersama Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Bupati Karangasem I Gede Dana, mantan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, dan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Jumat, 26 April 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Badung merahasiakan 9 nama yang diplot tarung di Pilkada Serentak 2024. 

Jumlah 9 orang kandidat Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Badung masa bakti 2024-2029 itu disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDIP Badung, I Nyoman Giri Prasta seusai memimpin rapat internal terkait penjaringan bakal calon kepala daerah di Sekretariat DPC PDIP Badung, Jumat, 26 April 2024. 

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Namun, Bupati Badung 2 periode (2015-2025) itu tidak merinci siapa saja 9 nama tersebut. 

Giri Prasta juga tidak membuka usulan nama Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali menyongsong Pilkada Bali, Rabu, 27 November 2024. 

Versi Giri Prasta ini langkah politiknya yang di atas out of the box. 

“Hasil rapat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung bertalian dengan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati itu sudah kita internal. Nama sudah masuk. Nanti akan kita rekomendasikan, buatkan berita acara dan sekaligus juga kita mohonkan untuk melaksanakan survei terhadap kandidat calon-calon itu,” ungkap Giri Prasta. 

Lebih lanjut, ditegaskan bahwa bakal calon yang masuk penjaringan berjumlah 9 orang.

“Yang masuk penjaringan itu ada sembilan. Sudah nggak boleh (merasahasikan 9 nama tersebut, red). Nanti kan teman-teman tahu. Kisi-kisinya tidak ada. Karena kita ke dalam dan kita akan lakukan survei paling tidak 3 kali terhadap kandidat dan ini kandidat ini akan kita kroscek juga, silang, antara calon bupati dengan wakil bupatinya,” jelas Giri Prasta. 

Disinggung soal pihak yang melakukan survei, Giri Prasta menjawab tim independen. 

“Tim independen,” terangnya. 

Meski dirahasiakan, belakangan 9 nama kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut bocor ke publik.  

Untuk Bakal Calon Bupati Badung terdiri atas I Wayan Adi Arnawa, I Bagus Alit Sucipta, I Gusti Anom Gumanti, I Made Sudarsa, dan I Ketut Suiasa.

Sementara untuk posisi Bakal Calon Wakil Bupati Badung terdiri atas I Putu Parwata, I Nyoman Satria, I Putu Alit Yandinata, dan I Made Bima Nata.

Menarik disimak, nama terakhir untuk Bakal Calon Bupati Badung, yakni Wakil Bupati Badung masa bakti 2015-2025, I Ketut Suiasa bahkan sudah terbang memenuhi undangan Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan di Jakarta. 

Kehadiran I Ketut Suiasa ke DPP PDI Perjuangan dibuktikan dengan foto bersama yang dilakukannya di depan Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan bersama Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Bupati Karangasem I Gede Dana, mantan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, dan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. 

Belum diketahui dalam rangka apa I Ketut Suiasa terbang memenuhi undangan DPP PDI Perjuangan, namun sejumlah pihak menyebut eks Ketua DPD II Golkar Badung itu disebut-sebut berpeluang mendapatkan rekomendasi bertarung di Pilkada Badung 2024, Rabu, 27 November 2024. 

Ditanyai apakah kehadirannya ke Jakarta dalam rangka mengambil tiket bertarung di kancah perpolitikan akbar Pilkada Serentak 2024, I Ketut Suaisa belum menjawab pertanyaan redaksi. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!