Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

KIM Kompak, Suyasa Bupati Karangasem di Depan Mata

Warga Kubu Siap Beri Kemenangan

SINYAL KEMENANGAN: Suasana Deklarasi I Nyoman Suyasa maju Pilkada Karangasem 2024 di Lapangan Voli Celebong Center, Banjar Dukuh, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Sabtu, 13 April 2024 malam.

 

KARANGASEM, Balipolitika.com- Jika Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang sukses memenangkan Capres-Cawapres RI nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 solid, maka kemenangan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Karangasem yang juga Wakil Ketua DPRD Bali, I Nyoman Suyasa di Pilkada Karangasem, Rabu, 27 November 2024 cuma tinggal menunggu waktu.

Berkaca pada hasil Pileg 2024, formasi kursi partai politik (parpol) yang bernaung di bawah KIM Karangasem relatif gemuk, yakni terdiri atas Partai Gerindra 9 kursi (20 persen), Partai Golkar 8 kursi (17,78 persen), dan Partai Demokrat 6 kursi (13,33 persen) atau total 23 kursi alias 51,11 persen. 

Merujuk konstelasi politik nasional di mana Partai Nasional Demokrat (NasDem dengan 5 kursi atau 11,11 persen) merapat ke kubu Prabowo-Gibran, maka kekuatan KIM Karangasem berpeluang bertambah menjadi 28 kursi alias 62,22 persen.

Di sisi lain, dalam skema yang sama merujuk Pilpres 2024, petahana PDI Perjuangan yang mengoleksi 15 kursi (33,33 persen) akan berkoalisi dengan Perindo 1 kursi (2,22 persen) dan Hanura 1 kursi (2,22 persen) sehingga total berkekuatan 17 kursi alias 37,77 persen. 

Hitungan ini menegaskan keunggulan mutlak berpihak kepada KIM Karangasem yang dinakhodai I Nyoman Suyasa di mana peluang untuk merebut kursi eksekutif Karangasem sangat besar di Pilkada 2024. 

Sinyal kemenangan ini mulai muncul ke permukaan. Salah satunya dibuktikan lewat deklarasi ribuan warga yang terdiri atas para tokoh dan warga Kecamatan Kubu yang mendukung I Nyoman Suyasa untuk maju di Pilkada Karangasem 2024.

Kebulatan tekad ini berlangsung di Lapangan Voli Celebong Center, Banjar Dukuh, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem, Sabtu, 13 April 2024 malam. 

“Kami siap memenangkan I Nyoman Suyasa di Kecamatan Kubu di Pilkada Karangasem,” pekik I Nyoman Niada, tokoh masyarakat asal Desa Dukuh sebagaimana rekaman video yang diterima redaksi balipolitika.com. 

Merespons dukungan warga 9 desa di Kecamatan Kubu, I Nyoman Suyasa mengaku terharu sekaligus semakin bersemangat. 

“Ya, kemarin malam (Sabtu, 13 April 2024, red) tokoh-tokoh dan relawan se-Kecamatan Kubu menggelar syukuran sekaligus mendeklarasikan dukungan agar tiang bersedia maju menjadi Calon Bupati Karangasem di Pilkada 2024,” ucap I Nyoman Suyasa. 

Mendapatkan mandat masyarakat Kubu, I Nyoman Suyasa mengajak seluruh lapisan warga untuk berjuang bersama demi kemajuan Kecamatan Kubu, Karangasem. 

Dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut, I Nyoman Suyasa menilai jika Koalisi Indonesia Maju (KIM) Karangasem yang sudah memahami visi-misi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming kompak, maka kemenangan masyarakat Karangasem sudah di depan mata. 

Adapun sejumlah tokoh yang hadir dalam deklarasi tersebut di antaranya caleg DPR RI terpilih Partai Gerindra Dapil Bali I Dewa Gede Agung Widiarsana, caleg DPRD Karangasem terpilih Dapil Kubu I Gede Agus Riza Rianoka, caleg terpilih Dapil Kubu I Putu Deni Suryawan Giri, dan caleg DPRD Karangasem terpilih Dapil Abang I Nengah Karyawan, serta para tokoh masyarakat Kecamatan Kubu, Karangasem. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!