Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pariwisata

Taman Safari Bali Suguhkan Varuna, Theatrical Under Water Dining Pertama di Indonesia

VARUNA: Varuna adalah Sebuah Pertunjukan Teatrikal di Bawah Air Pertama di Indonesia

 

GIANYAR Balipolitika.com- Taman Safari Bali pada Minggu, 25 Februari 2024 lalu, meresmikan beroperasinya Varuna, sebuah pertunjukan teatrikal di bawah air pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk mengembangkan kearifan lokal yang menggabungkan seni budaya Pulau Dewata dan Nusantara. Varuna bukan hanya tentang pertunjukan tapi ini adalah manifestasi dari kreatifitas dan komitmen Taman Safari Bali dalam menyuguhkan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung berbagai penjuru dunia. Ini adalah langkah besar dalam dunia hiburan dan priwisata, menetapkan standar baru yang belum pernah ada sebelumnya.

“Kami sangat menghargai dan menghprmati kearifan lokal. Taman Safari di Bali itu berbeda dengan yang lain, masing-masing memilii nilai lokal yang kami serap, digabungkan dengan sentuhan internasional, selain itu Bali merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia karena keindahan lautnya,” ujar Vice President Media Event and Digital Taman Safari Indonesia, Alexander Zulkarnain saat dijumpai di acara IAAPA APAC Spring Summit 2024, Jum’at 8 Maret 2024. ”Pada tahun 2023 sudah lebih dari 4,5 juta wisatawan yang datang ke Bali, maka dari itu Taman Safari Bali ingin mengemas keindahan bawah laut Bali lewat Varuna yang menawarkan pengalaman bersantap, menikmati sajian ragam menu kuliner yang nikmat, sambil menyaksikan pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia, bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” imbuhnya.

Varuna berlokasi di Taman Safari Bali yang terletak di Kabupaten Gianyar Bali. Taman ini memiliki luas sekitar 50 hektar are yang menampung lebih dari 2.500 hewan dari berbagai belahan dunia. Di Varuna para tamu akan diajak untuk merasakan sebuah petualangan menarik dengan menyantap hidangan lezat sambil menyaksikan pertunjukan yang memesona. Narasi Varuna digambarkan secara apik melalui perpaduan menawan antara animasi potongan kertas, pedalangan dan pertunjukan yang memikat dari Penasihat Teatrikal kenamaan dunia, Peter Wilson. Sebagai pertunjukan kelas dunia Varuna mengintegrasi upaya berkelanjutan dan konservasi kehidupan laut dalam seluruh pertunjukannya, dalam sebuah panggung seluas 122 meter persegi.

Kisah teatrikal bawah air itu mengangkat cerita rakyat nusantara yang menceritakan anak laki-laki dengan ayah seorang nelayan dan ibu seorang putri duyung dari kerajaan di bawah permukaan laut. Bocah laki-laki bernama Varuna itu kemudian hidup terpisah dengan sang ibu dan berupaya mencari keberadaan ibunya. Setelah menjalani petualangan dengan menaklukkan makhluk mitologi yang menyeramkan di bawah air, ia kemudian bisa bertemu dengan sang ibu dan berkumpul bersama keluarga.

Teater yang dikemas selama 30 menit itu ditampilkan dengan tata cahaya yang apik dan akuarium yang menampung volume air sekitar 1.300 meter kubik yang menjadi daya taruik bagi pennton. Bahkan seniman yang berperan sebagai putri duyung juga merupakan penyelam terlatih yang mampu menahan nafas dalam air hingga sekitar tiga menit dalam setiap adegan, bergabung dengan sejumlah ikan di dalam akuarium berkedalaman 10 meter itu. Pertunjukan teatrikal tersebut dilakoni oleh 36 orang seniman yang disutradari oleh Peter Wilson.

Alexander Zulkarnain menyebut pertunjukan teatrikal bawah air ini yang pertama di tanah air dan diharapkan menjadi daya tarik baru bagi industri pariwista di Bali. “Ini merupakan hasil karya anak Indonesia untuk dunia yang ada di Bali yang mempresentasikan Indonesia sebagai tujuan wisata dunia. Kami berharap ini memberikan nilai tambah pariwisata Bali yang ditargetkan menarik hingga 7 juta wisatawan asing tahun ini,” ucapnya.

Pertunjukan teatrikal Varuna dibuka setiap hari Rabu – Minggu, yang diawali dengan suguhan hiburan musik dan sajian kuliner yang dapat dinikmati penonton dengan harga tiket kompetitif. Varuna menawarkan lebih dari sekedar pertunjukan karena ini adalah perjalanan yang akan mengubah cara anda melihat keindahan alam dan budaya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah. Pemesanan tiket dapat dilakukan di www.tanansafari.com/varuna dan saksikan keajaiban yang hanya bisa ditemukan di Varuna, hanya di Taman Safari Bali. Explore more the journey: Instagram @varunabali (dp)

 

 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!