Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Banjar Sila Dharma Gelar Festival Barong Bangkung

Disuntik Rp30 Juta Sama dengan Turnamen Ceki

TRADISI: Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa membuka Festival Barong Bangkung Mapetuk Agung, Sekaa Teruna Bakti Karya, Balai Banjar Sila Dharma Nyuhgading, Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Minggu, 3 Maret 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com Dengan menarikan Kekayon Wayang, Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, membuka acara Festival Barong Bangkung Mapetuk Agung, Sekaa Teruna Bakti Karya, Minggu, 3 Maret 2024 di Balai Banjar Sila Dharma Nyuhgading, Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung.

Hadir mendampingi sekda, perwakilan Kecamatan Mengwi serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Mengwitani I Nyoman Suardana, kelian dinas, kelian adat, serta tokoh masyarakat setempat.

Sama seperti turnamen ceki yang dikunjungi Adi Arnawa sebelum-sebelumnya, Barong Festival ini dibantu dana sebesar Rp30 juta dan diserahkan secara simbolis oleh Sekda Adi Arnawa dan diterima oleh Ketua Panitia Festival Lomba Barong Mebarung, Putu Kubayan Tika.

Dalam sambutannya Sekda Wayan Adi Arnawa, menyampaikan rasa syukur dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Banjar Sila Dharma dalam acara Festival Barong Bangkung yang diselenggarakan oleh Sekaa Teruna Bakti Karya.

Terselenggaranya kegiatan Festival Barong Bangkung yang diadakan oleh Sekaa Teruna berarti Sekeha Teruna Bakti Karya Sila Dharma ini sudah mampu melestarikan seni, budaya.

“Ini patut dijadikan contoh bagi ST lainnya, dan ini harus terus dikembangkan apalagi ini merupakan program pemerintah untuk melestarikan seni dan budaya. Oleh karena itu apapun kegiatan yang dilakukan oleh ST yang bersifat positif pasti akan selalu didukung oleh Pemkab Badung. Bentuk konkritnya di bawah kepemimpinan Bupati Nyoman Giri Prasta berupaya sebisa mungkin untuk hadir dalam kegiatan apapun di masyarakat termasuk kegiatan yang difasilitasi oleh ST,” ujarnya.

Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut karena merupakan bagian dari pelestarian seni dan budaya, pemerintah pasti akan selalu beri dukungan dan support. Selain itu juga pasti dibantu berupa dana kreativitas.

“Saya mewakili Bupati Badung hadir di sini untuk memberi apresiasi dan dukungan setiap kegiatan sekaa teruna dan sekaligus juga membantu dana kegiatan festival bapang barong bangkung ini sebesar Rp30 juta,” ucap Sekda Adi Arnawa. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!