Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Sanjaya Puji Warga Banjar Sandan Pondok

Swadaya, Hadiri Pemelaspasan Pelinggih Pura Batur Ancak Sesandan

RITUAL SUCI: Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,MM, menghadiri upacara Pemelaspasan Pelinggih, Piodalan, dan Pewintenan Mangku Ring Pura Batur Ancak di Banjar Sandan Pondok, Desa Sesandan, Tabanan.

 

TABANAN, Balipolitika.com Komitmen Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,MM, dukung pelestarian pembangunan di bidang adat, agama, dan budaya terus dijalankan.

Pada Minggu, 11 Februari 2024, Bupati Sanjaya menghadiri upacara Pemelaspasan Pelinggih, Piodalan, dan Pewintenan Mangku ring Pura Batur Ancak di Banjar Sandan Pondok, Desa Sesandan, Tabanan.

Bupati Sanjaya mendapat kehormatan Mendem Pedagingan di salah satu Pelinggih Pura Batur Ancak.

Hadir mendampingi dalam kesempatan tersebut, salah satu anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Pimpinan OPD terkait, Camat Tabanan, Perbekel, dan Bendesa Adat setempat yang turut menghaturkan bhakti pada upacara yang atuh pada Redite Pon Juluwangi tersebut.

Dipuput oleh Ida Sulinggih, rangkaian upacara yang puncaknya jatuh pada 14 Februari mendatang ini merupakan wujud gotong-royong atau urunan dari masyarakat pengempon yang berjumlah 20 KK.

Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semangat masyarakat dalam membangun yadnya yang sudah sangat luar biasa sebagai wujud sradha bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, leluhur, Guru Wisesa, yakni pemerintah juga wujud bhakti kepada sesama masyarakat.

Swadarma titiang ring pemerintah daerah ngemargiang bhakti di masyarakat, bhakti ring negara. Itu kewajiban yang harus kita laksanakan karena sesuai dengan visi-misi, titiang di pemerintah sudah menjalankan pembangunan sekala lan niskala terutama dalam pelestarian adat agama dan budaya. Ini merupakan bagian dari identitas daerah Kabupaten Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

Senada dengan Bupati Sanjaya, I Gusti Agung Nengah Supanca selaku panitia karya menegaskan bahwa puncak karya akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pihaknya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan Bupati beserta jajaran yang telah hadir dalam kegiatan tersebut.

Mewakili masyarakat, ia juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah terhadap pihaknya dan ke depan ia berharap sinergi ini terus dapat ditingkatkan. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!