Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Cegah Konflik dan Mafia, Gibran Dorong Digitalisasi Sertifikat Tanah

Seperti Dilakukan di Solo

DIGITALISASI: Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendorong digitalisasi sertifikat tanah 

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendorong digitalisasi sertifikat tanah seperti dilakukan di Solo, untuk mengurangi konflik dan mafia tanah.

Menurutnya, saat ini pemerintah memiliki program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dan berhasil membagikan 110 juta sertifikat kepada masyarakat.

Menurutnya, saat ini juga ada program redistribusi tanah, tanah-tanah hak guna usaha (HGU) nantinya akan disimpan bank tanah, yang selanjutnya didistribusikan kepada pengusaha lokal dan masyarakat.

“Sekarang juga ada program one map policy, sangat berguna untuk mengurangi konflik, sengketa tanah, mafia, dan lain-lain,” kata Gibran, saat debat Cawapres, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Januari 2024.

Database menggunakan program digitalisasi membuat batas-batas tanah tercapture semua.

“Ini mengurangi yang namanya mafia tanah. Sekali lagi, reforma agraria ini akan kita lanjutkan, dan kita kuatkan,” katanya.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!