Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Polda Bali Siap Take Down Konten Hoaks 

CEK CEK: Tim Cyber Patroli Polda Bali pantau media sosial, Sabtu, 23 Desember 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Tim Cyber Patroli Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bali lebih intensif memantau media sosial jelang Natal 2023, Tahun Baru 2024, dan Pemilu 2024.

Pemantauan dilakukan terkait ujaran kebencian dan berita-berita hoaks yang beredar masif di masa kampanye Pemilu 2024 hingga 10 Februari 2024 jelang pencoblosan Rabu, 14 Februari 2024.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan Tim Cyber Patroli Ditreskrimsus yang terlibat dalam Operasi Lilin Agung 2023-2024 melaksanakan pemantauan dan monitoring di media sosial memantau perkembangan situasi. 

“Cyber Polda Bali berkomitmen untuk menjaga media sosial serta memonitoring agar tidak ada informasi yang bersifat negatif dan hoaks SARA, dan ujaran kebencian,” ungkapnya.

Selain itu, Tim Cyber Polda Bali siap melakukan take down dan counter opini jika ditemukan konten negatif terkait perayaan Natal dan Tahun Baru 2023-2024, serta Pemilu 2024.

Sasaran utama patroli siber ini adalah media sosial dan media online.

Personel Sub Satgas Siber juga akan mengumpulkan data dan mengolahnya guna mencegah tindakan cyber crime yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di Provinsi Bali.

“Dengan adanya patroli ini diharapkan potensi ancaman cyber crime dapat diminimalisir, sehingga Nataru Tahun ini serta Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tegas Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. (sat/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!