Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Kibarkan FEB Unud, Diah Kemaladewi Toreh Prestasi National Science & Social Olympiad 2023

SANG JUARA: Mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana Angkatan 2022, Ni Wayan Diah Kemaladewi.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Ni Wayan Diah Kemaladewi, mahasiswa Program Studi Sarjana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana Angkatan 2022 meraih prestasi tingkat nasional.

Ia keluar sebagai Juara II National Science & Social Olympiad 2023 yang diadakan 30 Juni hingga 2 Juli 2023 lalu.

Perlombaan ini dilaksanakan secara online dengan materi soal yang sangat rumit. Selain itu, penilaian lomba juga tidak hanya berdasarkan kebenaran jawaban tetapi waktu dalam menyelesaikan soal juga diperhitungkan.

Berkat kegigihan, kerja keras, dan usahanya, Diah Kemaladewi dapat bersaing bersama 174 orang dengan 114 perguruan tinggi.

Prestasi akademik tak jarang menjadi wujud nyata dari usaha dan dedikasi seorang mahasiswa untuk terus mengasah dan menguji kemampuannya.

Inilah perjalanan luar biasa yang berhasil Diah Kemaladewi lalui dalam menghadapi kompetisi akademik.

Baginya, kompetisi ini adalah jalan untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai olimpiade-olimpiade sains nasional.

Ia merasa beruntung telah diberi kesempatan untuk menguji pemahaman dan wawasan akademiknya.

Namun, perjalanan menuju kemenangan tak selalu mulus. Berdasarkan wawancara online, Diah Kemaladewi menceritakan tantangan besar yang dihadapinya selama kompetisi ini.

Kompetisi secara online dengan soal-soal yang tak dapat diremehkan menjadi ujian bagi kemampuannya.

Selain itu, waktu yang terbatas juga menjadi salah satu faktor penentu dalam penilaian. Kemudian, Diah Kemaladewi juga mengungkapkan terkait kendala teknis yang kadang mengganggu fokusnya, seperti masalah pada link untuk mengakses soal perlombaan.

Segala kendala dan tantangan berhasil diatasi Diah Kemaladewi dengan selalu menekankan pentingnya menjaga ketenangan dan menghindari kepanikan dalam menghadapi kendala dan dalam kondisi waktu yang terbatas, ia juga mengoptimalkan waktu yang tersedia merupakan salah satu strategi kuncinya.

Hal tersebut adalah pelajaran berharga yang tak hanya berlaku dalam lingkup kompetisi, tetapi juga dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Di akhir wawancara, Diah Kemaladewi memberikan pesan inspiratif bagi mahasiswa FEB Unud dan mahasiswa di Unud lainnya, khususnya mereka yang ingin terjun dalam kompetisi serupa.

Menurutnya, kompetisi semacam ini adalah peluang berharga untuk mengasah pemahaman terhadap materi akademik yang telah dipelajari.

Ia juga mendorong agar setiap individu berjuang dengan sepenuh hati dan berkomitmen penuh untuk mencapai tujuan mereka.

Sebagai seseorang yang telah mengalami perjalanan dan proses yang panjang ini, Diah Kemaladewi mengungkapkan pesan dan harapannya kepada mahasiswa FEB Unud.

Ia berharap agar tak pernah ragu untuk mengejar impian dan tujuan dengan segala upaya yang dimiliki. Dengan semangat dan tekad yang kuat, Diah Kemaladewi membuktikan bahwa setiap usaha takkan pernah sia-sia dan pesannya agar setiap insan terus semangat bagi siapa pun yang ingin meraih kesuksesan dan jangan mudah menyerah. (lvn/bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!