Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Pengakuan Istri Ray Misno: Ngeluh Sesak, Diajak ke Rumah Sakit Tidak Mau

IN MEMORIAN: Sosok mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar 2003–2008 dan 2008–2013, Made Gde Ray Misno, ST, M.Si. yang kini menjabat Wakil Ketua Bidang Strategis Demokrasi DPD Gerindra Bali semasa hidup.

 

TABANAN, Balipolitika.com Kabar duka berpulangnya mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar 2003-2008 dan 2008-2013 yang kini menjabat Wakil Ketua Bidang Strategis Demokrasi DPD Gerindra Bali, Made Gde Ray Misno, ST, M.Si. bertepatan dengan Hari Suci Kuningan, Sabtu, 12 Agustus 2023 pukul 06.18 Wita dianggap hoaks oleh banyak pihak. 

Pasalnya di hari yang sama, tepatnya pukul 05.33 Wita, pria dengan ciri khas kepala plontos ini masih sibuk mengucapkan Selamat Hari Raya Kuningan kepada kolega-koleganya termasuk redaksi balipolitika.com.

Lalu tiba-tiba pukul 09.27 Wita tersiar kabar duka bahwa Ray Misno telah tiada. 

Apa yang sebenarnya terjadi? Kepada redaksi balipolitika.com, istri almarhum, Ni Wayan Sunihati menjelaskan kronologis singkat berpulangnya Ray Misno di usia belia, yakni 52 tahun.

“Suami saya nggak ada sakit, tapi sekitar satu setengah bulan yang lalu sempat mengeluh sesak, tapi diajak ke rumah sakit nggak mau. Terus sudah baik dia. Sudah berhenti minum (alkohol, red) malah. Bedikin minum Pa. Mau nyaleg lagi, macem-macem. Tak bilang bedikin minum (sedikit minum alkohol, red). Selesai akhirnya dia minum. Sudah ada sekitar satu setengah bulan,” ungkap Sunihati, Sabtu, 12 Agustus 2023 sembari menyebut almarhum menganugerahinya dua anak, yakni Putu Janurdina Gayatri Raysun Putri (mahasiswa) dan I Made Gede Bagus Hari Merdeka Nusantara Raysun Putra (kelas XII SMA). 

Tentang peristiwa meninggal dunia yang sangat mendadak, Sunihati bercerita hingga pukul 05.45 sang suami masih sibuk mengirim kata mutiara yang menjadi rutinitas tiap pagi. 

“Tadi pagi suami minta air hangat lalu tiang tinggal mandi. Pintu kamar mandi diketuk dan suami ngeluh mengalami sesak nafas. Lalu suami langsung duduk di tempat tidur dan tiba-tiba jatuh. Saya panik lalu segera membilas diri dan bergegas ke rumah sakit. Saat terjatuh di tempat tidur itu, dari bibir suami saya keluar air hangat yang baru diminum, seperti ngeluah (muntah) istlah Balinya. Mata suami saya nelik (terbuka lebar-lebar). Sempat saya pencet-pencet dadanya. Saat itu anak-anak masih tidur. Saya langsung teriak-teriak dan mereka terbangun,” kenang Sunihati.

Ditambahkan, setiba di Rumah Sakit Tabanan, Ray Misno dinyatakan meninggal dunia, tepatnya pukul 06.18 Wita.     

“Kejadiannya kira-kira jam 6 kurang 10 menit (05.50 Wita, red). Saya masuk kamar mandi sekitar pukul 05.45. Sudah dipakaikan alat pacu jantung sudah tidak ada reaksi sama sekali. Di nafas juga sudah dibantu dimasukkan oksigen  tapi tidak ada sama sekali berhembus nafas,” ungkap Sunihati yang merupakan pegawai Perumda Bhukti Praja Sewakadarma, Kota Denpasar. 

Ray Misno berpulang untuk selamanya-lamanya dalam status sebagai Bakal Calon Legislatif DPRD Bali dapil Denpasar pada Pemilu 2024.

Sebelum terjun ke politik, Ray Misno merupakan Ketua KPU Denpasar pada periode 2003–2008 dan 2008–2013.

Begitu purna tugas sebagai Ketua KPU Denpasar, tak lama berselang dia langsung gabung Partai Gerindra Bali pada 2014. 

Politisi dengan ciri khas kepala plontos yang setiap pagi bisa ditemui di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar ini mengawali karier politik sebagai Wakil Ketua Bidang OKK DPD Gerindra Provinsi Bali periode 2014–2019. 

Saat itu, Gerindra Bali dinakhodai almarhum Ida Bagus Putu Sukarta alias Gus Sukarta, politisi asal Geriya Buruan, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan yang anggota DPR RI Dapil Bali periode 2014–2019. 

Saat ini, di bawah kepemimpinan De Gadjah, Ray Misno menjabat Wakil Ketua Bidang Strategis Demokrasi DPD Gerindra Bali.

Almarhum dikenal sebagai sosok yang loyal. Buktinya Ray Misno siap ditugaskan langsung oleh Ketua DPD Gerindra Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah maju ke DPRD Bali di Pileg 2024.

“Saya ditugaskan langsung Pak De Gadjah maju dari Dapil Denpasar. Pokoknya kalau sudah perintah, tentu saya siap habis-habisan memenangkan Gerindra merebut kursi di Dapil Denpasar,” ujar Ray Misno semasa hidup. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!