Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Survei Jebol 7,4 Persen, Ganjar Pranowo Tetap Capres Terkuat

Salip Anies, Prabowo Tempel Ketat

DAMPAK TOLAK TIMNAS U-20 ISRAEL: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang dijuluki Senopati Mbako alias Senopati Tembakau oleh para petani ditempel ketat Prabowo Subianto di Survei LSI teranyar.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei nasional bertajuk “Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Politik Terkini,” pada Minggu, 9 April 2023.

Survei yang dilaksanakan 31 Maret 2023 hingga 4 April 2023 itu pun menjabarkan hasil survei yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia terkait kandidat Calon Presiden Republik Indonesia pengganti Joko Widodo. Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo paling dicari. 

Masyarakat Indonesia penasaran berapa persen elektabilitas sosok yang dijuluki Senopati Mbako alias Senopati Tembakau turun pasca penolakannya terhadap Timnas U-20 Israel dinilai memicu batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Dibandingkan survei LSI sebelumnya pada 7-11 Januari 2023 yang memposisikan Ganjar Pranowo begitu digdaya dengan raihan 27,2 persen, karena kisruh sepakbola, raihan Ganjar teranyar hanya 19,8 persen alias jebol 7,4 persen dalam survei bertajuk “Pilihan Presiden Simulasi 19 Nama”.  

Jebolnya hasil survei Ganjar Pranowo memberi berkah bagi Anies Baswedan. Pada survei LSI 7-11 Januari 2023, eks Gubernur DKI Jakarta itu mengantongi hasil survei 16,8 persen. Begitu Ganjar Pranowo jebol, survei sosok yang dideklarasikan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai Bakal Calon Presiden RI melejit ke angka 18,4 persen. 

Berkah yang didapat Prabowo Subianto bahkan lebih mentereng. Jika dalam survei LSI 7-11 Januari 2023 posisinya berada di bawah Anies Baswedan dengan raihan 16,0 persen, terbaru Ketua Umum Partai Gerindra itu bercokol di nomor dua dan menempel ketat Ganjar Pranowo. Prabowo meraih survei 19,3 persen. 

Berbanding terbalik, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil justru jebol saat kedua saingannya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan terbang tinggi. 

Dalam survei LSI 7-11 Januari 2023, survei Ridwan Kamil menjanjikan di angka 7,2 persen. Namun begitu resmi berseragam kuning, suami Atalia Praratya itu melorot ke angka 5,8 persen untuk survei dengan pertanyaan jika pemilihan presiden diadakan sekarang siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut.

Di bawah Ridwan Kamil ada nama Sandiaga Salahuddin Uno (2,9 persen), Gibran Rakabuming (2,7 persen), M. Mahfud MD (2,3 persen), Erick Thohir (2,1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (2,0 persen), Puan Maharani (1.4 persen), Airlangga Hartarto (0,9 persen), Gatot Nurmantyo (0,6 persen), Tri Rismaharini (0,6 persen), KH. Ma’ruf Amin (0,5 persen), Khofifah Indar Parawansa (0,4 persen), Muhaimin Iskandar (0,3 persen), Budi Gunawan (0,1 persen), Bambang Soesatyo (0,1 persen), dan Tito Karnavian (0,0 persen).

Sebanyak 19,8 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. 

Survei ini menyasar warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/handphone sekitar 83 persen dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD), yakni memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. 

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!