Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Peristiwa

Fastboat Kebo Iwa Express Tenggelam, Basarnas Tegaskan Tak Ada Korban Jiwa

ASTUNGKARA: Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada menegaskaan seluruh penumpang Kapal Fastboat Kebo Iwa Express yang tenggelam, Selasa, 3 Januari 2022 dalam kondisi selamat.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Tidak ada korban jiwa dalam insiden tenggelamnya Kapal Fastboat Kebo Iwa Express setelah mengalami kebocoran di perairan yang berlokasi sekitar 2 mil arah timur Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar, Selasa, 3 Januari 2023 sekitar pukul 17.20.

Penegasan bahwa seluruh penumpang dan ABK selamat disampaikan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada.

“23 penumpang dan 6 ABK. Selamat semua. Baru saja telepon dan konfirmasi ke Kepala Basarnas Denpasar, Bapak Gede Darmada,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin yang juga sedang memantau insiden tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Fastboat Kebo Iwa Express dengan rute Nusa Penida-Pelabuhan Sanur yang dominan mengangkut warga negara asing (WNA) tenggelam.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu membenarkan musibah tersebut.

Ungkapnya titik kecelakaan laut terjadi di Perairan Ketewel, Gianyar sekitar pukul 16.50 Wita.

Fast boat Kebo Iwa rute Nusa Penida ke Sanur yang dikemudikan nakhoda I Wayan Sania dan ABK, Nengah Cemeng, Wayan Sadra, Toni, Resa, dan Agus Purnawijaya tenggelam.

“Berdasarkan manifest jumlah penumpang 28 orang. Namun setelah dicek jumlah penumpang yang naik boat Kebo Iwa sebanyak 23 orang. Sedangkan 5 orang penumpang lainnya sudah menyeberang naik Boat Glory,” ungkapnya.

Kombes Pol. Satake Bayu merinci Kapal Fastboat Kebo Iwa Express sekitar pukul 16.30 Wita lepas jangkar dari Pelabuhan Maruti menuju Pelabuhan Sanur.

“Setelah berjalan hampir 20 menit boat mengalami kebocoran di Perairan Ketewel Gianyar kemudian tenggelam,” jelasnya merinci kronologi insiden tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena saat peristiwa terjadi sejumlah boat melintas dengan tujuan yang sama, yakni Pelabuhan Sanur.

Satu per satu para korban yang terombang-ambing di lautan pun diselamatkan.

“Para penumpang dominan wisawatan asing dan ABK tersebut langsung dievakuasi oleh Boat Idola Express dan Semabhu Hilss,” jelasnya. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!