Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SPORT

Gara-Gara Aremania Liga Indonesia Terancam Dibekukan 8 Tahun

ULAH SUPORTER: Federation Internationale de Football Association (FIFA) tentu tidak akan tinggal diam menyikapi tragedi memilukan akibat ketidakdewasaan suporter Arema FC kala timnya kalah melawan Persebaya Surabaya 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Federation Internationale de Football Association (FIFA) tentu tidak akan tinggal diam menyikapi tragedi memilukan akibat ketidakdewasaan suporter Arema FC kala timnya kalah melawan Persebaya Surabaya 3-2 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

127 nyawa mati sia-sia sesuai pernyataan resmi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afianta dalam jumpa pers, Minggu, 2 Oktober 2022 akan membuat FIFA tidak segan-segan menjatuhkan sanksi berat bagi Indonesia.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Berdasarkan informasi yang dihimpun ada sejumlah sanksi yang menunggu sepak bola Indonesia, mulai dari pemain, klub, Timnas Indonesia, hingga PSSI.

Karena banyaknya jumlah korban jiwa, FIFA bisa jadi menjatuhkan sanksi seluruh pertandingan Liga Indonesia dibekukan selama 8 tahun.

Sanksi ini sudah di depan mata mengingat Polri sendiri abai dengan aturan FIFA yang melarang penggunaan gas air mata.

Ini merupakan pelanggaran kode keamanan FIFA yang termaktub dalam Pasal 19 b yang berbunyi senjata atau gas pengendali massa tidak boleh dibawa atau digunakan.

Selain ancaman Liga Indonesia dibekukan selama 8 tahun, keanggotaan Indonesia di FIFA terancam dicabut. PSSI terancam dikeluarkan dari FIFA.

Selanjutnya, Piala Dunia U-20 di Indonesia terancam dibatalkan oleh FIFA dengan alasan keamanan.

Timnas Indonesia dilarang main di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-20.

Hak keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Asia U-2023 dan Piala Asia U-20 2023 juga terancam dicabut dan tidak bisa berpartisipasi di Piala Asia 2023 yang akan digelar 16 Juni-16 juli 2023.

Demikian juga dengan Piala Asia U-20 yang akan digelar 1-16 Maret 2023 di Uzbekistan. Timnas Indonesia terancam dicoret.

Tragedi berdarah di Kanjuruhan juga akan memengaruhi ranking FIFA Timnas Indonesia yang kini sedang meroket dan membanggakan banyak pihak.

FIFA juga bisa jadi akan memberikan sanksi Kompetisi Liga Indonesia tanpa penonton dalam waktu yang lama.

Karena ketidakdewasaan suporter Arema FC, Klub Indonesia juga terancam tidak boleh bermain di AFC Cup dan Liga Champions Asia. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!