Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Lestarikan Budaya, Disnaker Gianyar Gelar Pelatihan Buat Banten

Tingkatkan Pengetahuan

PELATIHAN BANTEN: Disnaker Gianyar melaksanakan kegiatan pelatihan membuat banten Pulegembal di Balai Banjar Tarukan Desa Pejeng Kaja, Senin 20 Mei 2024. 


GIANYAR, Balipolitika.com-
Memperluas peluang kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Prov. Bali melaksanakan kegiatan pelatihan membuat banten Pulegembal di Balai Banjar Tarukan Desa Pejeng Kaja, Senin 20 Mei 2024.

Pelatihan diikuti oleh 23 orang serati banten yang ada di Banjar Tarukan Pejeng.Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani menjelaskan bahwa disamping untuk membuka peluang kerja juga akan berdampak dalam pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada.

“Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini utk memberikan peluang kerja yang lebih banyak kepada masyarakat setempat sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri. Serta bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Kadisnaker Dayu Surya juga menyampaikan agar peluang tersebut dipergunakan dengan baik oleh masyarakat.

“Selain untuk meningkatkan pengetahuan tentang makna dan arti dari banten yang dibuat, juga dapat memahami peluang kerja ataupun peluang usaha yang ada,” paparnya.

Sehingga dengan adanya pekerjaan ataupun usaha, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri guna menunjang perekonomian keluarga.

Dipilihnya Banten Pulegembal, karena banten merupakan sarana pokok yang digunakan oleh masyarakat Bali dalam menunjang kegiatan piodalan dan upacara keagamaan.

“Dimana nantinya ini akan memberi peluang kepada masyarakat desa ke depan untuk bisa menjadi srati banten yang paham makna banten secara professional,” pungkasnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!