Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Bantu 4.4 M, Adi Arnawa Melaspas Banjar Adat Tegal Saat Baleran

Kapal, Mengwi

PERESMIAN: Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri acara pemelaspasan dan peresmian Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran, Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi, Badung


MANGUPURA, Balipolitika.com-
Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri acara pemelaspasan dan peresmian Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran, Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi, Badung, Sabtu 18 Mei 2024 yang ditandai dengan memberikan paraf pada prasasti.

Karya yang dipuput oleh Pemangku Kahyangan Tiga setempat dan dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Badung l Made Suardana dan Ni Komang Triani, Camat Mengwi l Nyoman Suhartana, Lurah Kapal l Nyoman Adi Setiawan, Bendesa Adat Kapal l Ketut Sudarsana, Bhabinkamtibmas Kelurahan kapal, Babinsa Kelurahan kapal, Kelihan Adat dan Dinas se-Kelurahan Kapal serta warga setempat.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana hibah fisik anggaran perubahan tahun 2023 secara simbolis sebesar Rp4,4  Miliar dan bantuan dana pribadi dari Sekda Adi Arnawa, anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung l Made Suardana masing-masing sebesar Rp5 Juta dan diterima oleh Kelihan Adat Banjar Adat Tegal Saat Baleran l Nyoman Rupita.

Dalam sambutannya Sekda Adi Arwana mengatakan dirinya merasa bersyukur bisa hadir menyaksikan langsung pelaksanaan upacara pemelaspas Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran. Kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh Pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bupati Nyoman Giri Prasta sangat respon dan komit terhadap budaya Bali.

Dirinya juga mengajak semua warga untuk tidak henti hentinya memohon kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa supaya upacara Pemelaspas Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran bisa berjalan dengan lancar rahayu.

“Hari ini saya hadir mewakili Bapak Nyoman Giri Prasta menyaksikan langsung pelaksanaan upacara Pemelaspasan Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan kita harus selalu bersyukur kepada sang pencipta karena bagaimanapun juga dengan anugerah Beliaulah kita bisa melaksanakan kegiatan Pemelaspas hari ini,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan sudah dibangunnya Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran yang baru, agar warga bisa melakukan segala bentuk kegiatan dengan nyaman dan lancar sesuai kebutuhannya. Dan mengajak warga bersama-sama melestarikan serta menjaga seni, adat dan budaya warisan leluhur, karenanya Kabupaten Badung merupakan daerah destinasi wisata dan sumber pendapatannya dari sektor pariwisata.

“Saya berharap dengan adanya Balai Banjar baru ini agar di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan, baik itu kegiatan keagamaan atau kegiatan lainnya agar bisa berjalan dengan lancar serta pemikiran positif selalu bermunculan, serta selalu menjaga tradisi dan budaya warisan leluhur,” harap Adi Arnawa.

Sementara itu Kelian Adat Banjar Adat Tegal Saat Baleran l Nyoman Rupita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah memberikan bantuan dana untuk pembangunan Balai Banjar Adat Tegal Saat Baleran tersebut bisa terlaksana.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Sekda Adi Arnawa di tengah kesibukan telah meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan upacara pemelaspas. Bantuan dana Pemkab Badung sebesar Rp. 4,4 milyar lebih itu kami pergunakan untuk membangun mulai dari dasar pengurugan, Tembok Penyengker, Pelinggih Priangan Ratu Begawan Penyarikan, Bale Banjar, Bale Kulkul serta Apit Surang dan sudah berjalan lancar sesuai yang kami harapkan. Dan tentu balai banjar kami ini, selanjutnya bisa dipergunakan untuk kepentingan atau kegiatan warga kami yang ada di Banjar Tegal Saat Baleran,” jelasnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!