Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Lomba Tari Condong dan Gender Wayang Berpasangan Se-Bali

Weruh Ring Taksu

LOMBA TARI: Sekda Adi Arnawa membuka lomba Tari Condong  dan Gender Wayang berpasangan se-Bali di Banjar Batulumbung di Balai Banjar Batulumbung Gulingan Mengwi


BADUNG, Balipolitika.com-
Sekda Adi Arnawa membuka lomba Tari Condong  dan Gender Wayang berpasangan se-Bali di Banjar Batulumbung, Mengwi yang mengusung tema “Weruh Ring Taksu”. Pembukaan lomba yang diselenggarakan oleh Sanggar Tari Lumbung, ST. Sila Yowana ini ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Balai Banjar Batulumbung Gulingan Mengwi, Sabtu 18 Mei 2024.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah, Sekda menyerahkan bantuan sebesar Rp 30 juta untuk Lomba Tari Condong, Rp30 juta untuk Lomba Gender Berpasangan, serta diikuti oleh Made Rai Wirata sebesar Rp 3 juta.

Sekda Adi Arnawa atas nama pemerintah sangat mengapresiasi atas terlaksananya lomba tari condong dan gender wayang sebagai sarana pelestarian seni, adat dan budaya di Bali khususnya di Badung.

“Badung merupakan daerah yang sumber pendapatannya bersumber dari pariwisata yang berbasis budaya sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini harus tetap kita laksanakan, jangan sampai punah bahkan hilang, karena kalau ini sampai terjadi maka kita akan mengalami kesulitan. Para wisatawan yang datang ke Badung karena adanya daya tarik seni, adat dan budaya yang adi luhung. Maka pemerintah berkomitmen tetap menjaga, mengawal warisan yang adi luhung melalui kegiatan-kegiatan seperti ini,” ucap Adi Arnawa

Sementara Ketua Panitia Komang Dodi Darmawan melaporkan, Lomba Tari Condong dan Gender Wayang se-Bali dilaksanakan tanggal 18-19 Mei 2024 diikuti oleh 28 peserta Tari condong dan 11 pasang Gender Wayang dengan tema “Weruh ring Taksu”.

“Melalui lomba ini diharapkan selalu ingat untuk berkreativitas berbudaya sebagai kekuatan dan spirit meningkatkan rasa segilik seguluk dan gotong royong sesama warga masyarakat di Bali terutamanya pada generasi muda”ujarnya.

Turut hadir perwakilan Camat Mengwi, anggota DPRD terpilih Made Rai Wirata, Perwakilan Perbekel, BPD, LPD Desa Gulingan, Bendesa Adat Gulingan IB. Gangga, Kelian Dinas dan Adat Banjar Batulumbung.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!