Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Keren, Banjar Delod Yeh Gelar Upakara dengan Dana Swadaya

Melaspas, Mendem Pedagingan, dan Piodalan

SWADAYA: Sekda Wayan Adi Arnawa saat menghadiri Karya Melaspas, Mendem Pedagingan dan Piodalan di Pura Pengulun Banjar Delod Yeh Kekeran, Mengwi Selasa, 19 Maret 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Pembangunan Pura Pengulun Banjar Delod Yeh, Desa Kekeran, Mengwi, rampung, Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, dan Piodalan di sana.

Karya dipuput oleh Ida Pandita Mpu dari Griya Basangbe, Baturiti Tabanan, Selasa, 19 Maret 2024.

Turut hadir tokoh masyarakat Rai Wirata, Perbekel Desa Kekeran Nyoman Suarda, dan warga Banjar Delod Yeh.

Sebagai bentuk wujud bakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi, Sekda Adi Arnawa menyerahkan punia sebesar Rp3 juta.

Dalam sambrama wecananya, Adi Arnawa dengan penuh rasa syukur dan bangga karena sudah bisa hadir di tengah-tengah warga Banjar Delod Yeh yang melaksanakan upacara suci sebagai bentuk wujud bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi yang berstana di Pura Pengulun Banjar.

“Pemerintah akan selalu hadir serta mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat, apalagi untuk melestarikan adat, seni dan budaya, yang didasari konsep Tri Hita Karana, maka penting sekali kita bisa menjaga keseimbangan antara parahyangan, pawongan, dan palemahannya. Kalau itu sudah bisa kita wujudkan niscaya dan berharap warga Banjar Delod Yeh dan Pemerintah Kabupaten Badung akan dilimpahkan keselamatan,” ujarnya.

Sementara Panitia Ketut Konten melaporkan pembangunan fisik Pura Pengulun Banjar dibangun dengan biaya sebesar Rp600 juta lebih bersumber dari dari APBDes Desa Kekeran tahun 2023, Bangunan Balai Gong dari BKK tahun 2023 sebesar Rp200 juta, sedangkan dana Melaspas, Mendem Pedagingan, dan Piodalan sebesar Rp50 juta dari swadaya masyarakat.

“Tentu kami sangat mengharapkan bantuan kepada pemerintah melalui Bapak Sekda agar tetap bisa membantu melalui dana BKK sehingga Warga Banjar Delod Yeh bisa melaksanakan karya ngenteg linggih melalui Dana BKK perubahan tahun 2024,” jelasnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!