Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Final, Rara Hita Unggul 30 Suara dari IB Alit Arga Patra

Kunci Kursi ke-9 DPRD Badung Dapil Mengwi

RAPAT PLENO TERBUKA: Sosok caleg nomor urut 6 PDI Perjuangan Dapil Mengwi, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. dan situasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi di Ruang Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Minggu, 25 Februari 2024. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Badung menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi di Ruang Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Minggu, 25 Februari 2024. 

Dibuka pukul 10.55 Wita, pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 di 20 desa wilayah Kecamatan Mengwi tersebut dipimpin Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mengwi, I Nyoman Sudesna dan dihadiri langsung Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Badung, I Putu Hery Indrawan.

Dalam sambutannya, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana berpesan agar jangan sampai ada kesalahan sekecil apapun dan jika ada kesalahan harus diperbaiki sehingga tidak ada masalah dalam pleno di tingkat kabupaten.

Salah satu hal menarik dalam pembahasan Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi tertuju pada sosok caleg nomor urut 6 PDI Perjuangan Dapil Mengwi, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. yang sempat diberitakan gagal di Pileg 2024 karena kalah dalam persaingan raihan suara dengan rekan satu partainya, yakni caleg nomor urut 1 PDI Perjuangan Dapil Mengwi, Ida Bagus Alit Arga Patra, S.Sn.

Jika sebelumnya diberitakan bahwa berdasarkan data Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara Pemilihan Umum (Sirekap Pemilu), Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. tercatat meraih 4.591 suara, maka dalam Rapat Pleno Kecamatan Mengwi, Minggu, 25 Februari 2024, (PPK) Mengwi mempertegas bahwa raihan suara anggota Komisi IV DPRD Bali kelahiran Denpasar, 24 Maret 1985 asal Banjar Perang, Desa Lukluk, Kecamatan Mengwi sejatinya adalah 4.609 atau selisih 30 suara lebih unggul dibandingkan Ida Bagus Alit Arga Patra, S.Sn. yang mendulang 4.579 suara di hari pencoblosan, Rabu, 14 Februari 2024.

Sesuai penelusuran yang dilakukan redaksi balipolitika.com, 18 suara ini berasal dari input C1-Plano TPS 006 Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi di mana di lokasi itu Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. meraih 20 suara dari total suara sah 101 untuk para caleg PDI Perjuangan.

Di TPS 006 Desa Cemagi itu, caleg nomor urut 7 I Wayan Edy Sanjaya, S.H. meraih 76 suara, Caleg nomor urut 5 I Made Yudana, S.T. meraih 2 suara, dan suara coblosan partai berjumlah 3 suara. 

Di lembaran C1-Salinan, angka tersebut tidak berubah, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. tertulis meraih suara individu 20 suara. Demikian juga suara I Wayan Edy Sanjaya, S.H. (76 suara), I Made Yudana, S.T. (2 suara), dan coblosan partai (3 suara). 

Namun, dalam rekapitulasi oleh petugas terjadi kekeliruan penulisan dari 20 menjadi 2 suara sehingga sebanyak 18 suara luput ditulis. 

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi di Ruang Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Minggu, 25 Februari 2024, kekeliruan tersebut diperbaiki sehingga tidak lagi terjadi kesalahan penginputan raihan suara. 

Dengan kata lain, data Sistem Informasi Rekapitulasi Hasil Suara Pemilihan Umum (Sirekap Pemilu) yang sebelumnya mencatat Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E. meraih 4.591 suara, kini telah berubah menjadi 4.609 atau selisih 30 suara lebih unggul dibandingkan Ida Bagus Alit Arga Patra, S.Sn. yang mendulang 4.579 suara. 

Dikonfirmasi terkait Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi di Ruang Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Minggu, 25 Februari 2024, Komisioner KPU Badung I Putu Yogi Indra Permana menegaskan tidak ada penambahan suara bagi seluruh caleg kontestan Pemilu Serentak 2024, baik Pileg maupun Pilpres. 

“Tidak ada penambahan. Tapi, memang segitu perolehan suara Beliau (Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E., red) sesuai dengan C. hasil yang direkap oleh kawan-kawan PPK yang selalu diawasi oleh Panwaslucam (Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, red). Ampure tanda kutip “penambahan” yang dimaksud jangan diartikan bahwa PPK yang menambahkan sendiri,” tegas I Putu Yogi Indra Permana dikonfirmasi Minggu, 25 Februari 2024. 

Imbuhnya, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi disaksikan oleh para saksi dari seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

“Kami melakukan rekap berdasarkan C.Hasil Plano yang sudah didengar oleh para saksi. (para saksi, red) sangat menerima dan saksi menyatakan sah setiap TPS dan varian,” beber I Putu Yogi Indra Permana.

Soal kemungkinan adanya perubahan dalam sidang pleno tingkat Kabupaten, I Putu Yogi Indra Permana menegaskan bahwa peluang untuk itu sangat kecil.

“Menurut saya seharusnya tidak ada perubahan lagi. Karena ini sudah rekap di kecamatan. Di kabupaten hanya menampung data angka-angka dari masing-masing kecamatan saja,” jelasnya. 

Berpegang pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi, sejumlah nama caleg diprediksi terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Badung Dapil Mengwi di Pemilu Legislatif 2024.

Pertama, I Wayan Regep, S.H. (petahana/PDI Perjuangan/12.119 suara).

Kedua, I Made Rai Wirata, S.H.,M.I.Kom (newcomer/PDI Perjuangan/7.632 suara).

Ketiga, I Putu Sika Adi Putra, S.H. (newcomer/Partai Golongan Karya/7.281 suara).

Keempat, I Wayan Edy Sanjaya (petahana/PDI Perjuangan/6.474 suara).

Kelima, I Nyoman Satria, S.Sos., M.Si. (petahana/PDI Perjuangan/5.967 suara).

Keenam, Drs. I Made Sunarta, M.M., M.Si., (petahana/Partai Demokrat/5.302 suara).

Ketujuh, I Made Suwardana, S.E. (petahana/PDI Perjuangan/5.513 suara).

Kedelapan, I Made Yudana, S.T. (petahana/PDI Perjuangan/4.916).

Kesembilan, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, S.E (petahana/PDI Perjuangan/4.609 suara).

Kesepuluh, I Made Suparta, S.E. (newcomer/Partai Golongan Karya/4.304 suara).

Kesebelas, Ida Bagus Gede Putra Manubawa (newcomer/Partai Gerakan Indonesia Raya/2.202 suara). (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!