Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Bupati Sanjaya Hadiri Karya Dadia Pasek Gelgel Desa Tunjuk

Perkuat Sinergi dengan Masyarakat

RITUAL SUCI: Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, hadiri uleman Ngerauhin dan Ngupasaksi Upacara Pujawali Nyatur, Melaspas Prasasti, dan Metatah Bersama di Dadia Pasek Gelgel, Banjar Tunjuk Tengah, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Senin, 12 Februari 2024.

 

TABANAN, Balipolitika.com- Terus bersinergi dengan masyarakat dalam upaya pelestarian tradisi, seni, adat, agama, dan budaya di daerah, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, hadiri uleman Ngerauhin dan Ngupasaksi Upacara Pujawali Nyatur, Melaspas Prasasti, dan Metatah Bersama di Dadia Pasek Gelgel, Banjar Tunjuk Tengah, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Senin, 12 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Sanjaya turut didampingi oleh salah satu anggota DPR RI dan anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Asisten III, Jajaran Pimpinan Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam Tabanan.

Kehadiran Sanjaya beserta jajaran siang itu, juga mendapat sambutan positif dari Bendesa Adat, Perbekel dan Krama Adat Desa Tunjuk.

Upacara yang puncaknya jatuh pada Selasa, 13 Februari 2024 tersebut dipuput oleh Ida Sang Sulinggih yang merupakan rangkaian upacara Dewa Yadnya, yakni melaspas prasasti yang juga dirangkaikan dengan upacara Manusa Yadnya, yakni Metatah Bersama yang diikuti oleh sejumlah 14 peserta.

Yadnya ini merupakan wujud semangat gotong-royong krama adat Banjar Tunjuk Tengah.

Usai persembahyangan bersama, melalui sambrama wacana selaku Murdaning Jagat Tabanan, Bupati Sanjaya sampaikan doa restu, apresiasi, serta rasa bangga kepada masyarakat akan kesungguhan krama dalam melaksanakan yadnya.

Di mana hal ini sejalan dengan kekompakan masyarakat dalam membangun Tabanan sekaligus menyadari pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan tradisi, seni, adat, agama, dan budaya.

“Sangat luar biasa semeton titiang di sini. Satu lihat titiang, semeton titiang di sini sudah sangat bhakti. Pertama bhakti ring Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Itu yang tiang lihat mangkin. Tiang berikan apresiasi. Yang kedua, bhakti ring Ida Bhatara Kawitan yang berstana di sini, ngewangun yadnya Pujawali lan Metatah. Yang ketiga, bhakti ring guru wisesa, bhakti ring pemerintah, ajak titiang kompak bersatu membangun Tabanan Era Baru ini ke depan,” ujar Sanjaya.

Melalui momen sakral tersebut, Sanjaya berharap agar karya yang dibangun oleh keluarga besar Banjar Adat Tunjuk Tengah tersebut dapat berjalan dengan lancar, rahayu dan sida sidaning don.

Dalam penutupnya, politisi asal Dauh Pala tersebut menekankan kembali komitmennya dalam mendukung dan mengawal pembangunan serta kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan.

Pada kesempatan yang sama, I Wayan Sugiartana selaku Bendahara Karya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sanjaya atas kehadiran dan dukungan yang diberikan kepada masyarakat untuk bersama-sama dalam membangun yadnya.

Hal ini diharapkan terus dapat ditingkatkan guna membangun daerah dan masyarakat menuju Tabanan yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM). (bp/ken)




Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!