Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum

Kanwil Kemenkumham Bali Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Gandeng Rotary Club of Bali

CEGAH KANKER LEHER RAHIM: Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto berharap kerja sama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan peningkatan derajat kesehatan WBP di lapas atau rutan di Provinsi Bali.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Kanwil Kemenkumham Bali bersama Rotary Club of Bali Taman berkolaborasi meningkatkan kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan,  Selasa, 30 Januari 2024.

Kegiatan mencakup Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test dan penyuluhan kesehatan bagi WBP.

Selama 3 hari, seluruh WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan mendaftar dan memberikan riwayat obstetri sebelum mengikuti IVA test.

Peserta yang memenuhi syarat, termasuk yang telah melakukan hubungan seksual dan tidak sedang hamil, dapat mengikuti pemeriksaan.

IVA test dilakukan di dalam mobil Klinik Keliling Kesehatan Wanita menggunakan metode Inspeksi Visual Asam Asetat untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Pada hari pertama, 52 peserta menghasilkan kontribusi positif dalam deteksi dini kanker leher rahim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto berharap kerja sama ini dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan peningkatan derajat kesehatan WBP di lapas atau rutan di Provinsi Bali.

“Semoga keberhasilan pemeriksaan IVA test hari pertama menjadi awal yang baik dan hasilnya memberikan dorongan untuk mengadakan kegiatan serupa secara berkala,” ungkap Romi.

Kakanwil Kemenkumham Bali berharap kolaborasi tersebut tidak hanya mencakup pencegahan kanker leher rahim, tetapi juga melibatkan aspek kesehatan lainnya, membentuk pola hidup sehat di dalam lingkungan pemasyarakatan.

“Dengan demikian, WBP dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan dapat berkontribusi positif terhadap masyarakat setelah bebas,” pesannya. (ken/bp) 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!