Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Gibran Lagi dan Lagi Datang ke Bali

Siap Perjuangkan Pengusaha Spa dan UMKM

SERAP ASPIRASI: Cawapres RI nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam acara diskusi menyerap aspirasi bertajuk #GimmickGibran di Denpasar, Jumat, 26 Januari 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Saat Calon Presiden RI kontestan Pilpres 2024 lain tak “melirik” Provinsi Bali sebagai lokasi lawatan kampanye, Gibran Rakabuming Raka kembali hadir menyapa Sameton Pulau Dewata, Jumat dan Sabtu, 26-27 Januari 2024.

Teranyar, Cawapres RI nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memilih kembali mengunjungi Bali setelah lawatannya ke Papua.

Gibran Rakabuming Raka tiba di Kota Denpasar sekitar pukul 19.30 Wita didampingi sang istri, Selvi Ananda.

Sebelum acara diskusi menyerap aspirasi bertajuk #GimmickGibran, putera sulung Presiden Joko Widodo itu sempat mengunjungi stan produk lokal.

Tal sekadar melihat-lihat, Wali Kota Solo itu juga memboyong jaket jeans bekas hand painted desainer lokal seharga Rp1,5 juta.

Memasuki sesi diskusi, sejumlah pelaku pariwisata, ekonomi kreatif (ekraf), dan wirausaha muda Bali bergiliran menyampaikan curahan hatinya (curhat) kepada Gibran, antaranya lain Gus Agung Gunarthawa sebagai praktisi pariwisata dan pegiat living museum yang memberikan kondisi pariwisata Bali yang overtourism.

Sedangkan, I Gusti Ketut Jayeng Saputra, sebagai inisiator Gerakan Bali Spa Bersatu meminta Gibran menindaklanjuti persoalan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD) yang memasukkan usaha spa sebagai kategori hiburan sehingga dikenakan pajak 40-75 persen. Ia mendorong agar adanya revisi UU agar mengembalikan marwah usaha spa sebagai jasa pelayanan kesehatan atau kebugaran atau wellness.

Di sisi lain, pengamat musik dan budaya populer Bali, Rudolf Dethu menyoroti potensi wisata konser di Bali dan budaya populer untuk sektor ekonomi kreatif.

Mendengar aspirasi tersebut, Gibran Rakabuming Raka menanggapi bahwa persoalan usaha spa disebutkan akan menemui titik terang segera.

“Ditunggu aja, kayanya akan jadi, tapi tunggu dulu lho, keputusannya bukan di saya,” ujar Gibran Rakabuming Raka.

Terkait dengan masukan dari Rudolf, Gibran Rakabuming Raka memberikan solusi agar Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf lebih dikuatkan lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Bali, Made Muliawan Arya, SE, MH menegaskan kunjungan Gibran Rakabuming Raka ke Bali setelah dari Papua bukan dalam rangka kampanye, melainkan lebih menyerap aspirasi pelaku ekraf, UMKM, praktisi pariwisata, dan wira usaha muda Pulau Dewata.

Hal ini, ungkap De Gadjah yang juga Caleg DPRD Bali nomor urut 1 Dapil Kota Denpasar dari Partai Gerindra, lebih menghormati aturan KPU yang memberlakukan pembagian wilayah kampanye.

“Karena wilayah Bali bukan jadwal zona kampanyenya, jadi mas Gibran menghormati aturan yang berlaku,” tandasnya.

“Kali ini kunjungan Mas Gibran lebih menyerap aspirasi dan masukan dari pelaku ekraf, UMKM, dan wirausaha muda Bali, sehingga bisa ditindaklanjuti jika nanti terpilih. Selain itu, Gibran juga bergembira bersama relawan dan pendukung dalam gelaran budaya dan musik sekaligus aksi bersih-bersih di Pantai Mertasari besok (Sabtu, 27 Januari 2024,” jelas Ketua DPD Gerindra itu. (ken/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!