Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ARTIKEL

Daftar Pekerjaan yang Terancam Punah Dampak Perkembangan Teknologi

Harus Siap-siap Ganti Profesi

Perkembangan Teknologi Berdampak Punahnya Beragam Jenis Profesi dan Pekerjaan 

 

JAKARTA Balipolitika.com- Perkembangan teknologi berdampak besar pada manusia. Salah satunya adalah banyak jenis pekerjaan yang kemungkinan akan punah karena teknologi. Hal ini juga sempat dilaporkan oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF). Periode 2023-2027. Forum tersebut memperkirakan 83 juta lapangan pekerjaan akan punah dan hal ini terjadi karena perkembangan teknologi yang kian masif.

Salah satunya adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) dan mesin yang akan membuat banyak pekerjaan hilang. AI diketahui kian populer usai peluncuran chatbot populer ChatGPT beberapa waktu lalu. Riset dalam laporan Future of Work 2023 itu mengungkapkan 23% tenaga kerja di sejumlah industri akan berubah dalam lima tahun. Bukan hanya pekerjaan yang hilang namun akan ada banyak hal baru yang muncul dalam periode tersebut. Industri yang mengalami perubahan paling drastis adalah media, hiburan, dan olah raga. Sekitar 23% pekerjaan dalam industri tersebut akan lenyap atau muncul profesi baru. Selain itu lebih dari 23% pekerjaan di bidang pemerintahan, komunikasi digital dan teknologi informasi, real estat, layanan keuangan, serta transportasi dan rantai pasok juga mengalami perubahan.

Berikut 15 daftar pekerjaan yang akan punah hingga 2027 menurut laporan WEF:

  1. Teller bank
  2. Petugas pos
  3. Kasir dan loket
  4. Data entry
  5. Sekretaris dan administrasi
  6. Staf pencatat stok (stock-keeping)
  7. Staf akuntansi, pembukuan, dan payroll
  8. Legislator dan pejabat pemerintahan
  9. Staf statistik, asuransi, dan keuangan
  10. Sales door-to-door, pedagang kaki lima, dan penjual koran
  11. Satpam
  12. Manajer kredit dan pinjaman
  13. Penyelidik dan pemeriksa klaim
  14. Penguji software
  15. Relationship manager

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!