Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

BEAUTYGaya Hidup

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami

Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Bahan Alami

 

DENPASAR Balipolitika.com- Flek hitam adalah masalah kulit yang sering dijumpai pada wanita, salah satu penyebabnya adalah karena paparan sinar matahari. Anda pastinya ingin tahu bagaimana caranya untuk menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika Anda belum tahu, akibat dari sinar matahari yang terkena langsung ke wajah akan meningkatkan produksi sel melanosit. Lalu, sel melanosit akan menghasilkan pigmen melanin atau disebut juga pigmen pengatur warna kulit. Ini lah yang menimbulkan munculnya flek hitam. Terkadang flek hitam ini membuat kita tampil tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, Anda juga bisa mencoba dengan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah ataupun sudah ada di rumah. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan bahan alami:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, ekstrak lidah buaya ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya ambil satu batang lidah buaya kemudian potong menjadi dua agar terlihat daging lidah buaya lalu oleskan ke wajah. Setelah itu cuci bersih muka.

2. Lemon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang kedua adalah menggunakan perasan air lemon. Buah lemon kaya akan vitamin C yang memiliki banyak khasiat untuk wajah. Salah satunya mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan perasan air lemon lalu diamkan sebentar hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

3. Pepaya

Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya yang dikenal mampu melancarkan pencernaan ini? Ternyata khasiat dalam buah berwarna oranye yang satu ini tidak hanya itu saja melainkan juga menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan di dalam pepaya mampu mengatasi sel kulit mati. Cara membuat masker pepaya sangat mudah, hancurkan pepaya secukupnya hingga menjadi seperti bubur lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bilas dengan bersih.

4. Tomat

Tomat mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C. Manfaatnya tentu tidak perlu diragukan lagi, terutama soal kulit wajah. Jangan salah, bahan makanan berwarna merah ini selain segar untuk dimakan, ternyata juga menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah. Anda dapat mengolahnya menjadi masker tomat. Siapkan tomat dan susu lalu haluskan. Lalu, oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah sudah mengering cuci bersih muka.

5. Yoghurt

Bahan alami yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah selanjutnya adalah yoghurt. Dalam yoghurt mengandung asam laktat yang membantu membersihkan sel kulit mati dan menyamarkan flek hitam di wajah. Anda dapat menggunakan yoghurt plain yang dijual di pasaran. Oleskan yoghurt plain ke wajah lalu tunggu selama 20-25 menit, jika sudah langsung bilas dengan bersih.

6. Madu

Madu bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan flek hitam di wajah. Madu murni membantu menjaga kesehatan kulit tampak lebih halus dan lembut. Selain itu juga menghidrasi kulit hingga menghilangkan flek hitam di wajah. Anda dapat mengoleskannya ke seluruh wajah, lalu diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

7. Oatmeal

Masker oatmeal mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka maskeran dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain sehat untuk dikonsumsi, oatmeal juga dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya dengan mencampurkan oatmeal yang sudah dihaluskan lalu tambahkan perasan lemon hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah tunggu hingga 20 menit atau sampai masker mengering, lalu cuci bersih wajah.

8. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, selain menambah cita rasa dalam makanan, kunyit juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan wajah. Kunyit dapat mengatasi jerawat, menyamarkan bekas jerawat, hingga menghilangkan flek hitam di wajah. Cara membuatnya dengan mencampurkan dua sendok kunyit yang sudah halus atau menjadi bubuk lalu tambahkan susu dan air lemon. Oleskan ke wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Cuka Apel

Cuka apel selain sering dimanfaatkan dalam makanan. Bbahan alami yang satu ini juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Saat itu cuka apel pernah menjadi viral karena dapat dijadikan sebagai toner wajah. Kini cuka apel juga dapat menghilangkan flek hitam dengan cara mencampurkan dengan gula, lalu oleskan scrub cuka apel dan gula tersebut ke wajah, gosok dengan lembut lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air.

10. Kentang

Kentang adalah cara terakhir menghilangkan flek hitam di wajah. Kandungan dalam kentang terbukti mampu untuk menghilangkan flek hitam. Selain itu, kentang juga dapat melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. Caranya sangat sederhana, iris kentang tipis-tipis lalu letakkan irisan kentang di wajah dan diamkan beberapa menit, lalu cuci bersih wajah dengan air hangat. Demikianlah cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami dan sederhana. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!