Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

AHY: Jasa Prabowo Selamatkan Jutaan Nyawa Saat Pandemi, Gunakan Anggaran Pertahanan

Banyak yang Tidak Sadar dan Kurang Mengapresiasi

JASA PRABOWO: Agus Harimurti Yudhoyono sampaikan jasa-jasa Prabowo Subianto dalam perjuangan negara lindungi rakyat dalam acara kampanye Partai Demokrat di Yogyakarta 

 

JAKARTA, Balipolitika.comKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyebut calon presiden Prabowo Subianto telah berjasa saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 pada periode 2020-2022.

Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan, kata AHY, telah mengikhlaskan anggaran belanja sektor pertahanan dialihkan untuk penanganan pandemi.

“Banyak yang tidak sadar dan kurang mengapresiasi, bahwa jasa Pak Prabowo selaku Menteri Pertahanan, adalah merelakan alokasi anggaran pertahanan secara signifikan, untuk menyelamatkan nyawa jutaan rakyat Indonesia di masa pandemi,” kata AHY saat menghadiri kampanye Partai Demokrat dan bertemu dengan berbagai elemen masyarakat di Yogyakarta Kamis sore 18 Januari 2024.

AHY menuturkan, saat pandemi Covid-19, Prabowo juga berinisiatif mengerahkan pasukan TNI untuk berpartisipasi aktif dalam merawat korban-korban pandemi di tempat-tempat isolasi.

“Langkah ini, tidak cukup hanya dengan kerja biasa, tetapi dibutuhkan keikhlasan dan kebesaran hati,” kata AHY.

Menurut AHY, Prabowo telah bertindak sebagai negarawan saat Indonesia menghadapi pandemi Covid.

“Hakikat dan prinsipnya, serta tugas seorang Menhan adalah melindungi keselamatan seluruh warga negara, maka kami Partai Demokrat mengapresiasi kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan jajarannya,” ujar AHY.

AHY mengaku usai debat ketiga calon presiden pada Minggu 7 Januari 2024 lalu yang mengangkat tema Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional, ia pun sempat mendapat pertanyaan seputar tema pertahanan negara di sela kegiatan kampanye.

“Pertanyaan itu salah satunya soal terkait modernisasi sektor pertahanan sampai soal kesejahteraan para pensiunan TNI dan Polri,” kata dia.

Menurutnya urusan pertahanan keamanan dan hubungan internasional, secara langsung dan tak langsung berkaitan dengan urusan ekonomi, hingga urusan perut.

“Kita kadang mengabaikan urusan pertahanan negara dan hubungan internasional, seolah itu persoalan negara lain. Ada yang mengatakan, kita tidak perlu ikut campur dan bereaksi berlebihan, ada yang bilang, kita fokus urusan dalam negeri saja, menurut kami, pandangan seperti ini kurang tepat,” kata dia.

Sebab, kata AHY, kita hidup dalam tatanan dunia yang saling berkaitan dan mempengaruhi.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!