Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Kucing di Ajang “International Cat Show” Aceh Dipastikan Sehat

BANDA ACEH, Balipolitika.com- Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Indonesia (UPT Barantin) di Aceh pastikan kucing di ajang “Internasional Cat Show” sehat. Tentunya setelah pejabat Karantina melakukan pemeriksaan fisik maupun administrasi.

Mulyadi selaku Paramedik Karantina Hewan yang bertugas menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan mencakup berbagai aspek.

Di antaranya pemeriksaan dokumen persyaratan seperti sertifikat karantina dari daerah asal, serta pemeriksaan kesehatan sebagai upaya mencegah penyakit menular dan memastikan kucing bebas dari hama atau penyakit.

“Setelah dinyatakan persyaratan lengkap dan kucing sehat, kami mengeluarkan sertifikat pembebasan (KH-14, red),” kata Mulyadi, di Kantor Satuan Pelayanan Bandara Sultan Iskandar Muda, pada Kamis, 9 November 2023.

“International Cat Show” (ICS) digelar oleh Indonesian Cat Association Aceh di Hotel Diana, Banda Aceh pada Sabtu, 11-12 November 2023.

Acara ini diikuti oleh 120 ekor kucing dengan berbagai ras.

“Kegiatan ICS ini dalam pengawasan UPT Barantin di Aceh sekaligus sebagai sarana komunikasi, informasi, dan edukasi kepada seluruh peserta. Betapa pentingnya penerapan kesejahteraan hewan untuk kesehatan dan keselamatan manusia dan hewan kesayangan terkait zoonosis,” tutur Dokter Karantina Hewan Sri Maya.

Di tempat terpisah, Kepala UPT Barantin di Aceh, Ibrahim, menyatakan dukungan untuk kesuksesan acara.

“UPT Barantin di Aceh memastikan kemudahan dalam mengurus sertifikat karantina saat kucing peserta kontes kembali ke daerah asal masing-masing,” pungkas Ibrahim. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!