Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Jasa

Permudah Besakih, Bank BPD Bali Buka Kantor Pelayanan

Bank BPD Bali Dukung Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Besakih

OPTIMALKAN UMKM: Dorong Pengembangan UMKM dan Pengelola Kawasan Besakih, Kantor Pelayanan Kas Besakih Bank BPD Bali Diresmikan

 

KARANGASEM, Balipolitika.com- Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H meresmikan Kantor Pelayanan Kas Besakih Bank BPD Bali pada Senin, 27 November 2023 di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Ia mengharapkan kehadiran bank milik pemerintah daerah Bali ini akan mampu mendorong UMKM dan berkolaborasi dalam rangka pariwisata budaya serta meningkatkan kapasitas bisnis pelaku UMKM di Besakih dan sekitarnya.

Terbukti, kata Sudharma dalam posisi per Oktober, jumlah kredit UMKM yang dikucurkan Bank BPD Bali sudah menyentuh 44 persen dari total kredit.

“Pada tahun ini, dari target Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan sebesar Rp1,72 triliun, Bank BPD Bali telah merealisasikan Rp1,65 triliun atau sebesar 95,91 persen,” sebutnya saat diwawancarai awak media.

Selain UMKM, Bank BPD Bali juga mendukung usaha pertanian dan peternakan bagi warga kawasan Rendang, Besakih dengan produk-produk andalan BPD Bali.

“Harapan kita kesejahteraan masyarakat makin meningkat dengan kunjungan wisatawan setiap hari dan juga dari pemedek yang datang,” katanya.

Di samping itu, kata Suadharma, Bank BPD Bali yang telah mengantongi izin QRISH dapat juga digunakan sebagai transaksi non tunai baik bagi para pemedek dan wisatawan.

Hal ini lantaran transaksi Qrish BPD Bali telah diperluas cakupannya dengan program Qrish Cross Border di tiga negara yakni, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

“Harapannya wisman dari tiga negara tersebut bisa transaksi secara non tunai,” ujarnya.

Selama ini, kerja sama antara Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Besakih telah dilakukan dalam hal penggajian karyawan, pecalang, dan petugas kebersihan.

Kehadiran BPD Bali juga membantu masyarakat untuk pembayaran bulanan seperti listrik dan PDAM atau pulsa listrik, termasuk untuk pembayaran parkir elektronik.

Ke Depan Kantor Kas Besakih Bank BPD Bali juga akan membuka layanan penukaran uang atau money changer bagi wisatawan.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta mengungkapkan kehadiran Kantor Kas Besakih Bank BPD Bali ini akan memudahkan sisi layanan bagi wisatawan dan pemedek, mengingat sebelumnya pembayaran masih dilakukan secara tunai.

Disamping kerja sama dari yang sudah dilakukan, Muliarta berharap kehadiran BPD Bali di Besakih juga dapat membantu ekonomi masyarakat Besakih.

“Nantinya banyak kegiatan pelatihan UMKM ke depan, ada ekonomi kreatif sehingga masyarakat Besakih lebih sejahtera,” harapnya.

Disamping itu, tak kalah pentingnya, dengan adanya sektor perbankan lokal juga diharapkan mendukung pembiayaan UMKM baik yang berada di kawasan Besakih, tetapi juga di lingkaran sekitarnya.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!