Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Tingkatkan Performa Laboratorium, UPT Barantin di Palembang Ikuti Uji Profisiensi

PANGKALPINANG, Balipolitika.com- Laboratorium UPT Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Pangkalpinang mengikuti uji profisiensi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian (BBUSKP).

Uji profisiensi yang dilakukan adalah deteksi dan identifikasi secara secara morfologi terhadap lalat buah Bactrocera spp dan cendawan Peronospora manshurica pada biji kacang kedelai, Senin 16 Oktober 2023.

Menurut Pauziah, Analis Perkarantinaan Tumbuhan yang melakukan pengujian, uji profisiensi ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan laboratorium dalam melakukan pengujian dengan metode yang ditentukan dan menghasilkan hasil yang konsisten dengan tingkat akurasi yang tinggi.

“Keikutsertaan pada program uji profisiensi akan membantu laboratorium dalam meningkatkan kompetensinya terhadap layanan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” sambung Pauziah.

Secara terpisah Kepala UPT Barantin di Pangkalpinang, Herwintarti berharap pejaba karantina menjadi garda terdepan perlindungan keanekaragaman hayati hewani terus berinovasi di bidang laboratorium.

Selain itu juga dapat melakukan koordinasi untuk pengembangan laboratorium berstandar internasional. (nik/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!