Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FIB Unud Gelar Fretalk XIV: Wadah Berebagi Hasil Penelitian

FIB Unud Gelar Fretalk XIV: Wadah Berebagi Hasil Penelitian

 

DENPASAR Balipolitika.com- Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menggelar FIB Research Talk (FreTalk) XIV pada Jumat, 27 Oktober 2023 bertempat di Auditorium Widya Sabha Mandala FIB Unud. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FIB Unud, Para Koordinator Program Studi, Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M), serta para dosen di lingkungan FIB Unud. FreTalk XIV merupakan agenda tetap tahunan yang diselenggarakan oleh UP2M FIB Unud sebagai wadah diskusi dan berbagi hasil-hasil penelitian guna memberikan inspirasi kepada civitas akademika FIB Unud. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dua kali selama setahun dengan mengambil topik di bidang bahasa dan budaya.

Setelah berhasil dengan pelaksanaan kegiatan-kegiatan FreTalk sebelumnya dan telah mengundang banyak professor dan doktor di bidang bahasa dan budaya, kegiatan FReTalk kali ini menghadirkan narasumber luar negeri, yakni Bapak George Saad, Ph.D., yang merupakan dosen dan peneliti dari Palacky University Olomouc. Beliau juga merupakan pemenang hibah penelitian Udayana University International Senior Fellowship (UNISERF) Tahun 2023.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Pada FreTalk XIV, Bapak George Saad, Ph.D. membawa topik Language Documentation and Revitalization: Evidence from Eastern Indonesia. Dalam pemaparannya Beliau berbagi pengetahuan terkait dokumentasi dan revitalisasi bahasa, khususnya dalam penelitian yang pernah Beliau lakukan di Indonesia Timur. Pemaparan materi dari narasumber dipandu oleh salah seorang dosen program studi Sastra Inggris FIB Unud, yakni Ibu Prof. Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini, S.S., M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FIB Unud, Dr. I Gde Oeinada, S.S., M.Hum., dalam sambutannya menyatakan bahwa Beliau berharap kegiatan rutin yang dilaksanakan UP2M ini dapat menjadi wadah bagi para sivitas akademika FIB Unud, khususnya para dosen, untuk memperoleh pengetahuan baru dan berbagi hasil penelitian. Beliau juga berharap melalui kegiatan ini, para dosen dapat memperoleh inspirasi-inspirasi dalam mengembangkan kegiatan tridharma perguruan tinggi, khususnya kegiatan penelitian.

Senada dengan pernyataan Wakil Dekan I FIB Unud, Bapak Prof. Dr. I Made Netra, S.S., M.Hum., Koordinator UP2M FIB Unud, juga berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah pencarian inspirasi bagi para dosen di lingkungan FIB Unud. “Kegiatan FreTalk ini selalu kami rancang untuk membahas isu-isu terkini di bidang bahasa, sastra, dan budaya. Harapannya agar sivitas FIB Unud, khususnya para dosen, dapat memperoleh inspirasi untuk penelitian yang akan dilakukan. Kami juga berharap kegiatan ini akan tetap dilakukan sesuai dengan komitmen kinerja UP2M dengan Dekan FIB Unud, sehingga budaya akademis di lingkungan FIB Unud tetap terjaga”, ujar Prof. Netra. (dp/Unud.ac.iid)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!