Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Sosial

BBDC-BRI Regional Office Denpasar Sumbang 123 Kantong Darah

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-95

KEMANUSIAAN: Suasana donor darah serangakaian Hari Sumpah Pemuda ke-95 yang digelar Bali Blood Donor Cummunity (BBDC) bersama BRI Regional Office Denpasar di Arshika Bali Sunset Road, Sabtu, 28 Oktober 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bali Blood Donor Cummunity (BBDC) bersama BRI Regional Office Denpasar melaksanakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 28 Oktober 2023 di Arshika Bali Sunset Road.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini bertajuk “Donor Darah Sebagai Gaya Hidup Sehat dengan Semangat Sumpah Pemuda”.

Tercatat sebanyak 163 orang yang mendaftar untuk melakukan donor darah, namun yang berhasil menyumbang darahnya setelah melakukan cek kesehatan sebanyak 123 orang.

40 calon pendonor lainnya dinyatakan gagal karena kondisi kesehatan baik tensi, serta kendala hemaglobin (Hb) yang tinggi atau sebaliknya, rendah.

Ketua BBDC Ngurah Agung Mulyahartha mengatakan BBDC beranggotakan 150 orang yang aktif melakukan donor whole blood dan donor apheresis.

“Kami sesama anggota ada ikatan dalam suka maupun duka. Komunitas ini juga sekaligus merupakan bentuk tali kasih apabila ada salah satu anggota yang sakit atau meninggal,” ujarnya.

Dengan tema setetes darah menyambung nyawa ini, melakukan kegiatan donor dengan sukarela tanpa berharap imbalan.

“Namun kami sangat menghargai niat baik para dermawan yang memberikan bingkisan sebagai ucapan tanda terima kasih kepada pendonor,” ujar Mulyahartha yang sudah mendapatkan Satya Lancana Sosial dari Presiden Jokowi pada tahun 2017 silam.

Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang dilakukan BBDC.

Ungkapnya kegiatan ini sejalan dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari BRI di bidang sosial.

Digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-95, kegiatan donor darah ini diharapkan dapat memantik semangat kemanusiaan untuk dapat saling tolong-menolong.

“Kegiatan ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk menciptakan keberlangsungan hidup yang sehat dan berkelanjutan bagi semua pihak dengan semangat BRI melayani nasabah,” ujarnya.

Senada, Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara turut mengapresiasi kegiatan donor darah bersama Bank BRI.

PDDI BBDC telah membangun pondasi donor darah dan merekrut pendonor pemula sehinggga tanggung jawab berupa moralitas yang kuat utamanya kepada pendonor untuk terus menghidupkan lentera donor darah.

“Ia berharap seluruh pendonor dapat menghidupkan terus lentera donor darah sekaligus menjadikan donor darah sebagai budaya bangsa,” ungkapnya. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!