Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Prabowo Ulang Tahun Ke-72, De Gadjah: Doa Terbaik dari Bali

PANJANG UMUR: Karikatur sosok Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali sekaligus Caleg DPRD Provinsi Bali nomor urut 1, Made Muliawan Arya atau akrab disapa De Gadjah saat merayakan ulang tahun ke 42, Jumat, 12 Mei 2023 lalu. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Haji Prabowo Subianto Djojohadikusumo yang kini mengemban amanat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Selasa, 17 Oktober 2023 merayakan ulang tahun ke-72.

Ucapan selamat hari lahir datang dari Sabang sampai Merauke, tertuju kepada sosok yang digadang-gadang akan mengikuti kontestasi sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

Salah satu ucapan selamat ulang tahun itu datang dari Pulau Dewata, Bali.

“Doa yang terbaik untuk Pak Prabowo dari seluruh kader dan masyarakat Bali. Dan selalu diberi kesehatan serta umur panjang sehingga bisa mengabdi untuk Rakyat Indonesia dan memimpin negara ini untuk Indonesia Maju, Adil, dan Makmur. Prabowo Presiden, Indonesia Menang,” ucap Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali sekaligus Caleg DPRD Provinsi Bali nomor urut 1, Made Muliawan Arya atau akrab disapa De Gadjah, Selasa, 17 Oktober 2023 pagi.

Dikutip dari Wikipedia, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Haji Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir pada 17 Oktober 1951.

Prabowo adalah seorang politisi, pengusaha, dan perwira tinggi militer Indonesia berdarah Jawa Banyumasan; keluarga ayahnya berasal dari Kebumen dan Banyumas.

Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam dunia bisnis, politik dan pemerintahan.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, Prabowo dilantik menjadi Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019 hingga 2024.

Sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto bersama Hatta Rajasa, maju sebagai calon Presiden Indonesia ke-7 dalam Pemilihan Umum 2014 namun diungguli oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Gigih berjuang, ia mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2019 berpasangan dengan Sandiaga Salahudin Uno.

Pada Rapimnas Partai Gerindra, 13 Agustus 2022 di Sentul, Prabowo menerima pencalonan partainya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024 yang hasilnya ditentukan 14 Februari 2024 mendatang.

Sebagai putra ekonom Soemitro Djojohadikoesoemo, masa kecil Prabowo banyak dihabiskan di luar negeri bersama orang tuanya.

Pengalaman inilah yang membuatnya fasih berbahasa Indonesia, Prancis, Jerman, Inggris, dan Belanda.

Pada tahun 2008, Prabowo mendirikan Partai Gerindra. Selain itu, ia juga pernah aktif sebagai ketua di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia.

Di bidang olahraga, Prabowo aktif di Ikatan Pencak Silat Indonesia dan Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!