Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Obituari

26 Tahun Rawat Anak Autis, Made Doels Diduga Alami Tekanan Jiwa

SELALU CERIA: Made Sudiantara atau yang akrab disapa Made Doels (47 tahun) semasa hidup. Pihak keluarga mengaku syok almarhum tega menghabisi nyawa anak kandungnya sendiri, Putu Rita Pravista Devi (26 tahun) sebelum akhirnya bunuh diri. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com Belum diketahui dengan pasti apa motif Made Sudiantara atau yang akrab disapa Made Doels (47 tahun) tega menghabisi nyawa anak kandungnya sendiri, Putu Rita Pravista Devi (26 tahun) sebelum akhirnya bunuh diri. 

Syok, kerabat korban secuil pun tidak menyangka akan terjadi tragedi di rumah Jalan Bukit Tunggal No. 7, Lingkungan Alangkajeng Gede, Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat yang ditempati korban.

Sebelum peristiwa berdarah pada Kamis 6 Juli 2023 sekitar pukul 11.30 siang itu, Made Doels diketahui sangat menyayangi anaknya Putu Rita Pravista Devi yang lahir dalam kondisi kurang beruntung.

Pria yang sehari-hari berprofesi di sektor pariwisata itu pun dikenal secara ekonomi sangat mampu.

“Jika tidak diberi obat penenang, maka Rita (Putu Rita Pravista Devi, red) akan ribut atau teriak-teriak,” ucap paman Made Doels, Made Sudiana ditemui di rumah duka, Sabtu, 8 Juli 2023.

Sudiana menyebut keluarga meyakini tidak ada keterlibatan orang lain dalam peristiwa menyedihkan tersebut. 

Dengan kata lain Made Doels bunuh diri setelah mengetahui anak kadungnya meninggal dunia.

“Diduga mengakhiri hidup Putu Rita lebih dulu,” unkap Sudiana.

Walaupun tak bisa memastikan, keluarga menduga kemungkinan ada tekanan atau beban hidup yang ditanggung korban dalam mengurus Rita selama 26 tahun. 

Meski demikian keluarga meyakini Made Doels melakukan hal itu bukan karena membenci putrinya, tapi justru lantaran rasa sayangnya. 

“Saking sayang anak, keduanya meninggal bersamaan. Mungkin di pikirannya kalau dia saja yang meninggal, siapa yang mengurus anaknya. Selama ini kan dia yang merawat Putu Rita,” ungkap Sudiana. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!