Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

26.222 Warga Karangasem Kepupungan

4 Juni 2023 Bali Digifest II 2023 Ditutup, Pagi Gelar Pre-Event

SALAM METAL: Gubernur Bali, Wayan Koster mengabadikan momen dalam acara bertajuk Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II Tahun 2023 di Taman Budaya Chandra Buana, Kota Karangasem, Minggu, 4 Juni 2023 pagi atau beberapa jama sebelum Bali Digital Festival II Tahun 2023 ditutup di Art Centre Denpasar. 

 

KARANGASEM, Balipolitika.com- Bupati Karangasem Gede Dana dan 26.221 warga Kabupaten Karangasem sepertinya harus mencari tahu terlebih dahulu apa makna Pre-Event atau Pra Event sebelum bersedia menjadi tuan rumah Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II Tahun 2023 di Taman Budaya Chandra Buana, Kota Karangasem, Minggu, 4 Juni 2023 pagi. 

Lazimnya, pada tahap ini, seorang event manager bersama timnya akan membuat perkenalan atau mengumumkan kapan sebuah acara berlangsung.

Namun, beda halnya dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem. Acara yang di hari yang sama ditutup lantaran sudah dimulai sejak Jumat, 2 Juni 2023 malah di-pre-event-kan lagi oleh Gede Dana dan jajarannya.

Tak main-main, yang kepupungan diklaim mencapai puluhan ribu masyarakat Karangasem. Mereka antusias berbaur bersama Gubernur Bali, Wayan Koster dalam Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II Tahun 2023 di Taman Budaya Chandra Buana, Kota Karangasem, Minggu, 4 Juni 2023pagi.

Bupati Karangasem, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem, dan undangan lain hadir bersama puluhan ribu masyarakat diiringi gemuruh gamelan.

Peserta juga tampak memberikan salam metal di hadapanMurdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng usai melepas peserta jalan santai sepanjang 2 km.

Pentas tradisional Gebug Ende, Genjek Seraya berjudul Bapak KosterDados Gubernur Bali, Genjek SMP 2 Abang, hingga danceperfomance mencuri perhatian khalayak.

Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II 2023 merupakan implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang digagas Gubernur Kostermeresponskemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis teknologi digital.

Bali Digital Festival II yang puncaknya berlangsung, Minggu 4 Juni 2023 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar dirangkai dengan RahinaTumpekLandep sebagai hari ketajaman pikiran dalam meraih ilmu pengetahuan dan teknologi.

Gede Dana mengaku sangat berterima kasih kepada Gubernur Koster dan Pemprov Bali yang memilih Karangasem sebagai tuan rumah Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II tahun 2023, setelah sebelumnya terlaksana di Gianyar, Buleleng, dan Tabanan.

“Ini luar biasa. Tepuk tangan atas ide gagasan luar biasa Bapak Gubernur Wayan Koster. Tidak hanya memikirkan Bali secara umum dengan hasil pembangunan infrastruktur monumental dan fundamental dicapainya, namun sampai bidang anak -anak muda pun dipikirkan oleh Bapak Wayan Koster,” kata Gede Dana.

Ia pun mengaku sangat kagum dengan sepak terjang GubernurKoster yang membangun Bali dengan berbagai terobosan di bidang adat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali hingga pembangunan infrastruktur yang sangat masif.

“Aura Bali juga dibuatnya bangkit kembali melalui program Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Infrastruktur apalagi, pembangunan fasilitas di Kawasan Suci Pura Agung Besakih mampu diwujudkan oleh Bapak Wayan Koster dengan anggaran dana hampir Rp1 triliun. Juga ada pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Klungkung yang pastinya akan berdampak besar bagi Kami di Karangasem perbatasan Klungkung,” ungkapnya.

Tahun 2022, lanjut Gede Dana Gubernur Koster menggelontorkan Bantuan Keuangan Khusus (PKK) Provinsi Bali Rp86 miliar.

BKK ini Kita digunakan untuk membangun jalan di Karangasem, lalu dana sebanyak Rp16 miliar kita manfaatkan untuk perbaikan stadion. Itulah kerja nyata Gubernur Bali, Wayan Koster yang terus mendukung Karangasem agar menjadi daerah yang berkembang,” ungkap Bupati Gede Dana sembari memuji Gubernur Koster sebagai sosok pemikir dan pekerja.

“Pemikiran Pak Gubernur sudah jauh ke depan. Bahkan Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun ke depan sudah dipikirkannya. Pak Wayan Koster juga memiliki jaringan yang kuat di nasional untuk mencari anggaran di pemerintah pusat, makanya anggaran untuk Bali tetap dipertahankan meskipun Bali dihantam Pandemi Covid-19. Jadi Saya tidak ragu lagi dengan sepak terjang Bapak Wayan Koster. Jujur Pak Gubernur kita ini adalah orang yang luar biasa,” pujinya.

Dengan spontan Gede Dana juga menyuarakan kepemimpinan Gubernur Koster sukses sehingga layak 2 periode.

Ia pun melaporkan jumlah total peserta yang turut dalam Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival II tahun 2023 mencapai 26.222 orang. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!