Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Koster Ajak Warga Bali Ucapkan Kasih Sayang di Tumpek Krulut

MESRA: Gubernur Bali, Wayan Koster bersama sang istri, Ni Putu Putri Suastini. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Rahina Tumpek Krulut pada, Sabtu, Saniscara Kliwon, Krulut berlangsung istimewa, Sabtu, 18 Februari 2023.

Gubernur Bali Wayan Koster mengajak seluruh komponen masyarakat Bali merayakan hari suci tersebut secara niskala dan sakala.

Perayaan secara niskala dilaksanakan melalui upacara dan persembahyangan sesuai dengan tradisi dan dresta yang berlaku di masyarakat.

Bagi masyarakat yang memiliki gamelan atau alat musik diimbau untuk mengupacarai gamelan atau alat musiknya sebagai wujud syukur atas anugerah Tuhan dalam manifestasinya sebagai Sanghyang Kawiswara. Harapannya agar gamelan dan alat musik yang dimiliki dapat memberi kesenangan, kebahagian, dan ketenteraman lahir dan batin.

Secara sakala dilakukan dengan berbagai aktivitas sosial dan kemanusiaan, di antaranya kunjungan sosial ke panti asuhan, panti wreda, rumah tahanan dan atau rumah sakit, melaksanakan donor darah, memberi bantuan kesehatan kepada masyarakat miskin, hingga menggelar dan menonton pertunjukan seni (musik, tari, drama, teater) untuk membangun hubungan harmonis antar sesama manusia.

Ungkap Koster dapat juga dilakukan dengan saling memberi ucapan kasih sayang lewat berbagai media, saling memberi atau berkirim bunga, souvenir dengan menumpahkan kasih sayang antara anak dengan orang tua, guru dengan murid, atau sesama teman, sahabat, dan pasangan hidup. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!